free page hit counter

Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

5 Olahraga Kesehatan Mental untuk Jiwa yang Lebih Kuat

Selain olahraga untuk menyehatkan fisik, olahraga kesehatan mental juga diperlukan oleh tubuh. Seperti kita ketahui bahwa sehatnya mental atau kejiwaan kita secara langsung mempengaruhi kesehatan fisik kita. Kesehatan adalah sebuah investasi yang sangat penting.

Tanpa kesehatan, hidup akan terasa sulit dan sama sekali tidak nyaman. Oleh sebab itu, penting kiranya menjaga kesehatan fisik dan mental sekaligus untuk tubuh dan jiwa yang lebih kuat serta tangguh.

 

Jenis Olahraga Kesehatan Mental Terbaik

Saat tubuh kita sakit, diperlukan banyak upaya dan biaya untuk menyembuhkannya. Begitu pula jika yang sakit adalah mental atau kejiwaan kita. Pengobatan tidak cukup sekali atau dua kali saja. Diperlukan proses yang panjang untuk mengembalikan kondisi jiwa kita menjadi normal.

Karenanya, sebelum gangguan kesehatan mental mendera, ada baiknya jika kita melakukan pencegahan atau upaya menyehatkan diri sendiri. Salah satu yang bisa dikerjakan adalah dengan berolahraga.

 

Berikut ini adalah beberapa olahraga kesehatan mental yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah, yaitu :

 

  1. Jalan Santai

Jalan santai adalah olahraga yang paling ringan. Aktivitas ini tidak membutuhkan banyak energi dan biaya. Cukup dengan berjalan santai selama 30 menit setiap pagi di sekitar rumah. Olahraga ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan pikiran Anda.

  1. Lari

Jenis olahraga yang kedua adalah lari. Saat mengalami stress yang cukup berat, berlari merupakan cara termudah untuk menghilangkannya. Pembakaran kalori yang cukup banyak dari aktivitas lari juga akan menyingkirkan stress dan pegal-pegal. Pikiran akan jadi lebih rileks dan ringan.

  1. Berenang

Selain membakar kalori lebih banyak, berenang juga akan meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda. Olahraga kesehatan mental yang satu ini menjaga supaya jiwa Anda tetap sehat, tenang dan lebih bahagia.

Banyak orang yang lebih memilih berenang untuk menenangkan dan menjernihkan pikiran. Bergerak di dalam air akan membuat pikiran kalut dan cemas jadi lebih dingin sehingga bisa menghindarkan diri dari stress.

  1. Zumba

Bagi para wanita, olahraga yang satu ini cukup populer. Bergerak dan menari mengikuti alunan lagu membuat hati menjadi riang dan gembira. Kegembiraan ini dihasilkan dari efek hormon endorfin yang meningkat. Tanpa disadari, Anda akan nampak lebih ceria, senang dan menghilangkan perasaan susah di dalam hati.

  1. Yoga

Olahraga kesehatan mental yang satu ini memang sudah cukup terkenal dan banyak diaplikasikan secara mandiri di rumah-rumah. Gerakan yoga yang santai dan tidak terburu-buru membuat jiwa dan perasaan jadi lebih tenang dan santai.

 

Yoga adalah olahraga yang sangat tepat untuk kesehatan mental sekaligus fisik Anda. Emosi, perasaan, ketenangan jiwa, dan fokus akan lebih terjaga dan stabil. Kesehatan dan kekuatan tubuh pun akan lebih mudah dicapai dengan olahraga ini.

Melakukan olahraga untuk kesehatan mental sebaiknya dilakukan di tempat yang nyaman, asri dan teduh. Jika Anda bosan dengan suasana rumah atau tempat olahraga, Anda bisa berkunjung ke Kampoong Hening.

 

Kampoong Hening adalah sebuah villa yang didesain khusus untuk tempat penyembuhan atau terapi dari gangguan kesehatan mental. Tempatnya masih sangat asri dengan pemandangan alam yang alami dan jauh dari keramaian.

Di tempat ini, Anda bisa berolahraga sekaligus melakukan terapi untuk kesembuhan gangguan kesehatan mental yang Anda derita. Anda bisa berkonsultasi dengan terapis dan konselor berpengalaman sekaligus berbagi cerita untuk sedikit mengangkat beban hidup Anda.

Olahraga kesehatan mental akan sangat membantu mengembalikan kesehatan mental Anda. Menjadikan hidup Anda kembali normal, menjernihkan hati dan pikiran serta membuat hari-hari Anda jadi lebih bersemangat. Kunjungi Kampoong Hening dan raih kejernihan hati dengan menikmati keindahan dan kealamian tempat ini.

Scroll to Top