5 Tujuan Kesehatan Mental untuk Remaja dan Masa Depannya

Membangun remaja berjiwa dan bermental sehat harus dimulai sejak dini. Karena itulah, dibutuhkan peran orang tua supaya tujuan kesehatan mental untuk remaja ini bisa tercapai. Kesehatan mental bagi seorang remaja sama pentingnya dengan kesehatan fisik mereka.

Tanpa mental yang sehat, seorang remaja tidak akan tumbuh maksimal dan sebagian besar bermasalah dalam kesehariannya. Mereka harus memiliki kesehatan mental yang baik supaya bisa melalui hidup yang semakin keras ini. Remaja harus bermental baja untuk bisa meraih masa depan yang baik.

 

Pentingnya dan Tujuan Kesehatan Mental untuk Remaja

Kesehatan mental atau kejiwaan merupakan salah satu aspek yang cukup mempengaruhi pembentukan sifat dan karakter seseorang. Karena itulah, salah satu tujuan kesehatan mental untuk remaja adalah menjadikan mereka manusia yang tangguh, tahan banting dan tidak mudah putus asa.

Bagi seorang remaja, merasakan perasaan labil adalah hal yang lumrah. Di usianya yang masih cukup muda, remaja baru mulai belajar menghadapi hidup melalui fase-fase perkenalan. Mereka mengalami konflik dengan teman, menghadapi tekanan tugas sekolah, dan berbagai macam permasalahan ala remaja.

Untuk bisa melewati masa-masa yang sulit, seorang remaja harus memiliki mental yang kuat. Setidaknya, kesehatan kejiwaan mereka cukup stabil sehingga pengambilan keputusan tetap bisa dipertanggungjawabkan. Inilah salah satu tujuan kesehatan mental untuk remaja.

Berikut ini adalah tujuan kesehatan mental bagi seorang remaja, yaitu :

  1. Memiliki Kemampuan Melewati Permasalahan

Remaja harus memiliki mental yang sehat dan kuat supaya bisa melalui semua permasalahan yang timbul dalam kesehariannya. Jika mereka menjadi mudah menyerah, hidup akan terasa sangat sulit.

Mental yang sehat menjadikan seorang remaja mampu melewati masa mudanya dengan baik. Terdidik dan terlatih dengan benar sehingga menemukan jati dirinya dan tumbuh menjadi manusia sempurna fisik dan mentalnya.

 

  1. Memiliki Kemampuan Pengambilan Keputusan yang Baik

Tujuan kesehatan mental untuk remaja selanjutnya adalah membuatnya mampu mengambil keputusan terbaik untuk dirinya sendiri. Remaja harus belajar bagaimana cara mengambil keputusan yang baik terutama untuk masa depannya. Mereka dituntut untuk bisa memilih dan memilah mana yang tepat diantara banyaknya pilihan.

 

  1. Memiliki Kemampuan Mengontrol dan Menguasai Diri

Dengan mental yang sehat dan sempurna, seorang remaja juga akan belajar bagaimana mengontrol dan menguasai diri. Mereka tidak akan mudah terjatuh dalam hal-hal negatif yang jelas berbahaya bagi masa depannya.

Perlu diketahui bahwa masa muda adalah masa yang cukup berbahaya. Banyak hal-hal baru yang bisa jadi menarik rasa penasaran para remaja. Bagi mereka yang bermental lemah, hal-hal baru ini bisa jadi sangat menggoda. Contohnya seperti alkohol, narkoba dan seks.

 

  1. Mendukung Perkembangan Fisik

Kesehatan mental adalah bagian dari kesehatan fisik. Dengan mental yang sehat, fisik pun juga akan menjadi sehat.

 

  1. Menjadikan Hidup Lebih Bahagia

Remaja dengan kesehatan mental yang baik akan hidup lebih bahagia dibandingkan mereka yang hidup tertekan. Masa-masa remaja adalah masa yang indah untuk dinikmati.

Untuk memiliki kesehatan mental yang baik, perlu dukungan dari berbagai pihak terutama orang tua. Karena itu, orang tua harus memberikan stimulan positif untuk kesehatan mental anak remaja mereka.

Salah satu contohnya adalah dengan mengajak mereka berkunjung ke Kampoong Hening. Tempat ini memang didesain khusus untuk membantu meningkatkan kesehatan mental bagi remaja. Ahli terapis, konselor, metode penanganan, dan semua hal yang ada di tempat ini memang dibuat untuk membentuk mental yang sehat.

Kampoong Hening adalah tempat yang sesuai dengan tujuan kesehatan mental untuk remaja. Di sini, mereka akan belajar bagaimana mendapatkan mental yang sehat, tangguh dan tidak mudah putus ada. Di tempat ini, mereka akan dibentuk untuk menjadi manusia bermental baja.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.