9 Tanda Bahwa Anda Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik

Kecerdasan emosional lebih banyak dipergunakan dalam dunia kerja dan lingkungan sosial dibandingkan dengan kecerdasan intelektual. Kecerdasan emosional yang baik akan menghasilkan individu yang juga baik.  Bahkan, kecerdasan emosional dapat mengantarkan Anda pada gerbang kesuksesan. Oleh sebab itu, jangan abaikan kemampuan ini. Pastikan untuk selalu meningkatkan dan mengasahnya supaya hidup Anda jauh lebih berkualitas.

Tanda Kecerdasan Emosional yang Baik

Kecerdasan emosional berhubungan erat dengan kehidupan sosial di sekitar kita. Kecerdasan emosional adalah kemampuan diri sendiri untuk menganalisa, mengetahui dan mengontrol emosi dan perasaan. Kemampuan ini meliputi emosi diri sendiri dan orang lain.

Mengapa kecerdasan ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan sosial? Karena kecerdasan emosional menjadi dasar pembentukan sifat dan karakter diri. Kecerdasan ini direpresentasikan melalui perilaku yang kita perbuat sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa tanda kecerdasan emosional yang baik untuk kita pelajari dan praktekkan. Diantaranya adalah :

  1. Tidak Pendendam

Seseorang dengan kecerdasan emosional yang baik tidak memiliki sifat pendendam. Mereka mudah memaafkan kejadian buruk yang menimpa. Namun, kejadian ini tidak akan dilupakan dan menjadi pelajaran di kehidupannya mendatang.

  1. Selalu Bersyukur

Individu dengan kecerdasan emosional yang tinggi akan selalu merasa senang dan bersyukur atas semua kejadian yang telah dilaluinya. Rasa syukur ini akan menjadi energi positif dan membuatnya menjadi orang yang optimis.

  1. Mampu Beradaptasi dengan Baik

Hidup memang tidak selalu seperti yang kita harapkan. Namun, orang dengan kecerdasan emosional tinggi akan mampu melalui semua halangan dan rintangan yang menghadangnya. Mereka mampu beradaptasi dengan sangat baik dalam segala kondisi dan situasi.

  1. Tidak Meminta Imbalan

Selain berpikiran positif, orang yang cerdas emosionalnya juga selalu ikhlas dalam melakukan sesuatu. Mereka tidak meminta imbalan apapun dari bantuan dan pertolongan yang diberikan.

  1. Mampu Menyelesaikan Masalah dengan Baik

Salah satu keunikan dari orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi adalah kemampuannya untuk menyelesaikan semua masalah dengan baik. Mereka tahu bagaimana harus bersikap dan bertindak pada pembuat masalah dan bisa mengayominya dengan benar.

  1. Tidak Suka Membanding-bandingkan Diri

Setiap orang terlahir dengan keunikan tersendiri. Setiap orang memiliki nilai spesial yang tidak bisa disamakan dengan orang lain. Oleh sebab itu, individu dengan kecerdasan emosional yang baik akan menghindar dari membanding-bandingkan diri.

  1. Mudah Menerima Hal Baru

Jangan memandang perbedaan sebagai sebuah halangan, justru di sinilah letak keindahannya. Ini adalah motto yang biasa dipergunakan oleh seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi. Mereka tidak menutup diri dari hal-hal baru dalam hidup. Mereka selalu terbuka dalam menerima segala hal.

  1. Tidak Menutupi Kebenaran

Seorang dengan kecerdasan emosional tinggi tidak menutupi kebenaran namun justru menunjukkan pada dunia. Mereka selalu berusaha untuk menyampaikan informasi seperti apa adanya tanpa penambahan dan pengurangan.

  1. Menjadi Pendengar yang Baik

Jika banyak orang yang curhat pada diri Anda, maka bisa jadi Anda termasuk orang dengan kecerdasan emosional tinggi. Pasalnya, orang-orang seperti ini memiliki rasa empati yang tinggi dan bisa memahami perasaan orang lain. Karena itulah mereka disukai dan dijadikan tempat curhat.

Ingin menjadi orang dengan karakter dan perilaku seperti 9 tanda di atas? Ini bukan hal yang sulit. Mari bergabung dengan Kampoong Hening dimana Anda bisa belajar ilmu dan praktek menjadi orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi.

Kecerdasan emosional yang baik tercermin dari perilaku dan tindakan seseorang. Hanya ada satu cara jika Anda ingin membudayakannya pada perilaku sehari-hari, yaitu dengan pelatihan sesungguhnya di Kampoong Hening.

 

Scroll to Top