free page hit counter

Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Apa Pengaruh Kecerdasan Emosional pada Kinerja Karyawan? Ini Hubungannya!

Tidak dipungkiri lagi, kecerdasan emosional merupakan hal dasar yang penting bagi seorang individu. Begitu pula dalam dunia kerja dimana pengaruh kecerdasan emosional pada kinerja karyawan sangat signifikan.

Karyawan dengan kecerdasan emosional yang baik akan memiliki etos kerja yang baik juga. Anda pasti penasaran bagaimana kedua hal ini saling berhubungan dan berpengaruh. Kali ini, kita akan membahas tentang korelasi keduanya yaitu antara kecerdasan emosional karyawan dengan kinerja atau produktivitasnya.

 

Hubungan dan Pengaruh Kecerdasan Emosional pada Kinerja Karyawan

Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengontrol dan mengendalikan emosi dalam dirinya. Dalam hal ini, emosi tidak hanya tentang rasa marah atau kecewa saja. Namun juga terkait semua jenis perasaan yang dirasakan oleh individu seperti senang, sayang, sedih dan lain sebagainya.

Pengaruh kecerdasan emosional pada kinerja karyawan adalah sangat nyata. Karyawan adalah seorang individu yang pasti akan bereaksi terhadap peristiwa dalam hidupnya. Peristiwa ini bisa terjadi dimana saja termasuk di lingkungan kerja.

Berikut ini adalah pengaruh kecerdasan emosional pada kinerja karyawan, yaitu :

 

  1. Kecerdasan Emosional Membuat Seseorang Lebih Bijak dan Bisa Menguasai Diri

Kecerdasan  emosional  terdiri dari beberapa kategori atau variabel yaitu keterampilan  sosial,  pengaturan  diri, empati, kesadaran diri, dan motivasi. Karyawan dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki lima variabel tersebut dalam dirinya.

Dengan kemampuan menguasai lima variabel ini, seorang individu akan menjadi manusia yang bijak, tenang dan fokus. Dengan demikian, mereka bisa bekerja dengan lebih maksimal, konsentrasi dan lebih baik.

Mereka bisa membagi fokus dimana harus bekerja ataupun memikirkan masalah pribadi. Tidak mencampurbaurkan satu permasalahan dengan permasalahan lain sehingga pekerjaan akan terselesaikan dengan benar dan tepat.

 

  1. Kecerdasan Emosional Membuat Karyawan Memiliki Tujuan yang Jelas

Seorang individu dapat mengatur keinginannya sendiri. Mereka umumnya akan menentukan tujuan dan arah hidupnya menuju sesuatu hal yang lebih baik dan jelas. Hal ini hanya bisa dilakukan jika individu tersebut memiliki kecerdasan emosional yang baik.

Contohnya adalah seorang karyawan yang masuk dalam perusahaan dalam level staf. Saat melihat jenjang karir yang jelas, karyawan ini pasti akan berusaha untuk meningkatkan levelnya. Mereka akan bekerja sebaik mungkin supaya mendapatkan penilaian yang baik.

Karyawan ini menyadari bahwa kinerja dan produktivitas yang baik akan membuat perusahaan melirik padanya. Karena itu, secara sadar karyawan tersebut menata dan mempersiapkan dirinya untuk bekerja dengan baik demi melangkah menuju tujuannya.

 

  1. Kecerdasan Emosional yang Baik akan Membawa Budaya Baik

Karyawan yang bisa mengontrol emosi, tidak mudah marah, menyenangkan dan suka membantu akan menjadi karyawan yang dicintai rekannya. Karyawan ini secara tidak langsung akan membawa budaya baik dalam lingkungan kerja.

Saat berhubungan dengan karyawan seperti ini, semua urusan akan terasa lancar. Tidak ada kendala berarti yang akan menghambat pekerjaan. Oleh sebab itu, kinerja karyawan ini akan selalu baik dan menjadi contoh bagi rekan-rekannya. Inilah pengaruh kecerdasan emosional pada kinerja karyawan.

Bagi perusahaan yang sedang mempersiapkan karyawan dengan kecerdasan emosional yang baik, maka Kampoong Hening adalah tempat yang tepat. Di sini, karyawan Anda akan dilatih dan diajarkan tata cara mengelola kecerdasan emosional dengan metode ecohealing.

 

Ecohealing adalah sebuah metode yang memanfaatkan alam sekitar untuk membangun dan meningkatkan kesehatan mental termasuk kecerdasan emosional. Dengan bantuan terapis berpengalaman, karyawan Anda dijamin akan menjadi karyawan-karyawan dengan semangat baru dan lebih produktif.

Pengaruh kecerdasan emosional pada kinerja karyawan memang sangatlah besar. Kecerdasan ini sama pentingnya dengan kecerdasan intelektual yang menjadi takaran kemampuan seseorang. Kampoong Hening adalah tempat yang sangat tepat untuk mengasah kecerdasan emosional karyawan Anda.

Scroll to Top