free page hit counter

Bagaimana Cara Meditasi Mindfulness Secara Islami?

Ada berbagai cara meditasi mindfulness secara islami yang bisa Anda praktikkan. Konsep ini sudah banyak diterapkan di kehidupan modern sekarang. Masyarakat umum bahkan di lingkup psikologi juga telah menempuh praktik ini. Hal tersebut dilakukan karena nyatanya praktik ini dapat memberikan manfaat yang sangat banyak

Kehidupan di jaman sekarang memang sungguh modern dan seperti tidak pernah lelah. Waktu beribadah, bekerja, dan melakoni hobi adalah hal biasa dalam kehidupan sehari-hari. Kesibukan padat ini kadang melupakan segalanya. Bahkan, tidak sedikit mereka yang stress karena pekerjaan yang benar-benar menumpuk.

Cara Meditasi Mindfulness Secara Islami

Lalu, bagaimana arti mindfulness dalam islam? Praktik ini memang ditawarkan dari dunia Barat. Seringkali tujuan-tujuan dari praktik ini tidak sesuai dengan kaidah islam. Namun sebagai seorang muslim, kesadaran bahwa Allah Sang Maha Pencipta harus benar-benar tertanam dalam hati sejak dini.

Bagaimana konsep dan cara meditasi mindfulness secara islami ?

  1. Berdzikir
    Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mempraktikkan mindfulness sesuai dengan konsep islam adalah dengan berdzikir. Praktik mengosongkan pikiran akan lebih baik diisi dengan dzikir. Dengan melakukan dzikir, maka setiap muslim akan tersadar bahwa sejatinya kesempurnaan dan kebahagiaan dunia dan akhirat hanya datang dari Allah semata.
  1. Sholat
    Sholat merupakan ibadah yang diwajibkan bagi umat islam. Dalam hal ini, seorang muslim bisa melakukan praktik mindfulness saat melakukan ibadah sholat. Ketika sholat, seseorang akan lebih sadar tentang apa yang mereka kerjakan. Seseorang akan menyadari kedekatannya dengan sang Pencipta.
    Seorang muslim bisa memperbanyak sholat sunnah dalam kehidupan sehari-hari mereka. Sembari melakukan ibadah, tenangkan hati dan pikiran. Jika hal ini dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka seseorang akan mendapatkan kejernihan pikiran untuk menjalankan berbagai macam aktifitas.
  1. Muraqabah
    Ini merupakan salah satu kondisi dimana seseroang merasakan bahwa dirinya selalu diawasi oleh Allah. Memang benar, setiap tingkah laku manusia sesungguhnya diawasi oleh Sang Pencipta. Dengan merasa sadar diri bahwa apa yang dikerjakan selalu diawasi, maka seseorang akan lebih berhati-hati untuk melakukan yang terbaik dalam setiap tindakannya.

Manfaat Meditasi Mindfulness Dalam Islam

Konsep mindfulness sendiri memang tidak mendasar pada suatu agama tertentu. Konsep untuk menyadari “hidup di waktu ini” bisa dipraktikkan di berbagai agama, termasuk agama islam. Dalam tradisi Jawa, ini juga merupakan sebuah ajaran luhur yang membuat setiap manusia harus sadar dalam melakukan berbagai tindakan.

Berbagai cara meditasi mindfulness secara islami yang disebutkan di atas bisa dipraktikkan secara langsung dalam keseharian. Selain dipraktikkan dalam kegiatan sehari-hari, mindfulness memang bisa dilakukan dalam kegiatan beribadah kepada Allah. Semuanya akan terasa lebih mudah dan menenangkan jika dilakukan dengan bimbingan Allah.

Dalam konsep islam, Mindfulness berarti menjadikan bahwa Allah SWT Pencipta alam dan seisinya harus diingat kapanpun dan dimanapun. Baik dalam kondisi duduk, beribadah, bekerja, berbaring, semua umat harus mengingat Allah. Ini akan membuat pikiran tidak terlalu mengembara ke masa lalu yang meninggalkan kekecewaan dan sedih atau membuat pikiran mengkhawatirkan hal-hal di masa depan.

Untuk membantu proses melakukan mindfulness tersebut, Anda bisa bergabung bersama kami di Silent Mindfulness Training. Kami akan membantu memandu Anda dalam melakukan praktik ini dengan lebih mudah melalui berbagai kegiatan sehari-hari, termasuk ketika beribadah.

Mindfulness akan membuat setiap jiwa menjadi tenang, terlebih lagi jika dijalankan sesuai dengan konsep dan syariat islam. Seseorang akan menjadi lebih tenang hatinya dan jernih pikirannya. Praktikkan cara meditasi mindfulness secara islami bersama kami di Silent Mindfulness Training.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top