Baik Buruk Pengaruh Kesehatan Mental Gadget dan Solusi Penanganannya

Tanpa disadari, kehadiran gadget dalam hidup kita memberikan dua dampak bersamaan sekaligus yaitu dampak baik dan buruk. Tak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental gadget juga sangat dipengaruhi. Baik dan buruknya kehadiran alat yang satu ini tidak lagi bisa dielakkan.Berbicara mengenai gadget, selama bisa memberikan dampak baik, tidak masalah untuk terus memanfaatkannya. Namun jika lebih banyak dampak buruknya, bukankah ini akan membahayakan diri sendiri? Lalu adakah solusi yang bisa dilakukan untuk menanganinya?

Dampak Buruk Kesehatan Mental Gadget dan Tips Menguranginya

Hubungan antara kesehatan mental gadget memang tidak bisa lagi dipungkiri. Banyak sekali pengaruh yang bisa ditimbulkan oleh alat ini terhadap kesehatan kejiwaan seseorang. Berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan mental yang diakibatkan oleh ketergantungan gadget, yaitu :

  1. Cyber Bullying

Sebelum menjamurnya internet dan media sosial, masyarakat berkomunikasi secara manual yaitu dengan tatap muka. Dahulu, dikenal pepatah mulutmu harimaumu yang artinya bahwa agar kita belajar mengendalikan mulut agar tidak melukai orang lain.Namun, fenomena yang terjadi sekarang ini adalah bukan lagi mulutmu harimaumu, tapi lebih pada jarimu harimaumu. Cyber Bullying adalah sebentuk gangguan, gertakan, ancaman, teror yang dilakukan seseorang pada orang lain melalui internet.

Bullying merupakan salah satu bentuk gangguan kesehatan mental karena gadget yang sering kita temui dewasa ini. Contohnya adalah banyak akun media sosial palsu yang isinya menghina, menghujat, hingga mencaci maki orang lain.

  1. Adiksi Internet, Sosial Media, Game, hingga Online Shopping

Memanfaatkan internet seharusnya sesuai dengan kebutuhan. Namun bagaimana jika penggunanya mengalami kecanduan atau adiksi hingga melalaikan aktivitas atau kegiatan sehari-harinya. Tentu saja, hal ini sudah pasti sangat membahayakan.3 milyar orang di seluruh dunia ini menggunakan internet dan hampir 10 persennya mengalami kecanduan. Mereka tidak bisa terlepas dari gadget dan betah berlama-lama memandanginya. Kecanduan ini dapat terlihat dari seberapa lama mereka bisa lepas tanpa mengecek Hpnya.

  1. Cemas

Gangguan kesehatan mental gadget selanjutnya adalah tingkat kecemasan yang tinggi. Pengguna ponsel tidak bisa rileks dan terus menerus terpengaruh pada bunyi yang dihasilkan oleh Hpnya. Hidupnya sangat tergantung pada HP hingga sering merasa cemas, khawatir berlebihan, panik, takut dan lain sebagainya.

  1. Insomnia

Dalam tidur semalam, berapa kali Anda terbangun untuk mengecek HP? Jika lebih dari 10 kali, maka dipastikan Anda mengalami gangguan kesehatan mental. Anda memiliki kualitas tidur yang buruk, bahkan untuk memulainya saja terasa sulit.

  1. Depresi

Depresi bisa timbul jika kecanduan akan gadget tidak segera diatasi. Banyak orang yang menghabiskan waktu bermain HP jauh lebih banyak dibandingkan waktu istirahatnya. Akhirnya, mereka hanya akan merasa bersalah, putus asa, rendah hati, sensitif dan mudah marah.

Itulah beberapa gangguan kesehatan mental akibat pengaruh pemakaian gadget. Gangguan-gangguan ini bukan tidak mungkin untuk disembuhkan. Namun, prosesnya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Menyingkirkan kecanduan gadget membutuhkan waktu dan niat yang besar.

 

Untuk itu, bagi yang sudah mengalami hal seperti ini, Kampoong Hening adalah solusi yang paling solutif. Tempat ini dirancang secara khusus untuk membantu seseorang terlepas dari gangguan kesehatan mental gadget yang dialaminya.Tempat ini adalah tempat yang asri dan alami dengan lingkungan yang sama sekali tak akan mengingatkan pada kebutuhan pemakaian gadget. Dipandu oleh terapis dan konselor berpengalaman, siapapun akan berhasil dan sukses keluar dari kecanduan gadget.

Gangguan kesehatan mental gadget tidak akan lagi mengganggu aktivitas dan kehidupan sehari-hari. Kampoong Hening akan mengubah perilaku negatif karena candu HP menjadi suatu semangat dan energi baru untuk memperbaiki hidup.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.