Cara Membangkitkan Kecerdasan Emosional pada Anak Melalui Ecotherapy

Kecerdasan emosional dalam masa pertumbuhan anak memegang peranan yang cukup penting. Meskipun sulit, ada cara membangkitkan kecerdasan emosional pada anak melalui ecotherapy.

Jenis terapi ini menjadi salah satu bentuk perawatan terhadap kesehatan mental yang terbukti cukup menjanjikan. Banyak tempat yang menyediakan fasilitas ecotherapy untuk membantu anak-anak menumbuhkan dan memupuk kecerdasan emosional mereka.

 

Langkah Membangkitkan Kecerdasan Emosional Anak dengan Ecotherapy

Setidaknya, satu dari lima orang dewasa mengalami gangguan kesehatan mental setiap minggunya. Mereka mudah sekali mengalami stress dan depresi terlebih di masa-masa yang sulit seperti ini. Hal ini menunjukkan bahwa kesehatan mental menjadi objek yang harus benar-benar diperhatikan.

Kesehatan mental dan kecerdasan emosional harus diasah sejak seorang individu masih belia. Jika sedari dini mereka diajarkan untuk memiliki kemampuan manajemen terhadap diri dan perasaannya, maka mereka akan mampu mengatasi semua masalah dengan baik.

Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara membangkitkan kecerdasan emosional pada anak melalui ecotherapy. Ecotherapy merupakan salah satu jenis terapi kesehatan yang mulai populer dan banyak dipergunakan. Pasalnya, terapi ini terbukti mampu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan mental dan emosional.

Ecotherapy dikenal juga dengan terapi hijau atau perawatan hijau. Yaitu, sebuah terapi untuk meningkatkan kemampuan dan kesehatan mental dengan perawatan di ruang hijau atau alam. Terapi ini mulai berkembang dan banyak diaplikasikan sejak tahun 2020.

Banyak orang yang memiliki pemahaman dan definisi sendiri terkait ecotherapy. Namun, semua orang setuju bahwa terapi alam atau hijau ini harus memenuhi beberapa unsur seperti berikut ini, yaitu :

 

  1. Dipimpin oleh seorang terapis
  2. Dilakukan di lingkungan yang alami, asri dan jauh dari keramaian
  3. Terapi difokuskan pada sebuah kegiatan seperti berkebun, dan tidak terlalu terpaku pada hasil terapinya saja
  4. Melibatkan alam sekitar dalam proses healing
  5. Mendorong terjadinya interaksi sosial

 

Banyak orang yang berpikir bahwa ecotherapy tidak berbeda dengan rekreasi yang banyak dilakukan oleh anak-anak di masa belajarnya. Namun, ada satu unsur yang membedakannya yaitu kehadiran seorang terapis untuk membantu proses perawatan.

Cara membangkitkan kecerdasan emosional pada anak melalui ecotherapy merupakan cara yang sangat efektif. Anak akan diajarkan dan dilatih untuk melakukan interaksi baik sosial maupun dengan alam sekitarnya.

Beberapa contoh kegiatan yang dilakukan saat ecotherapy adalah bertani, berkebun, menjelajahi alam, membuat karya seni di alam dan lain sebagainya. Dalam hal ini, terapis tidak hanya bertindak sebagai pemimpin saja, namun juga ikut berbaur dengan klien.

 

Mengapa ecotherapy dianggap sangat efektif untuk melatih dan membangun kecerdasan emosional anak? Karena pada dasarnya, banyak hal yang bisa dipelajari dari alam sekitar. Alam menyediakan banyak ilmu dan pengetahuan sebagai bekal hidup di dunia. Dekat dengan alam sangat baik untuk mendukung kesehatan mental dan fisik kita.

Salah satu contoh aplikasi yang mudah dipahami adalah dengan menjelajah alam. Dengan berjalan-jalan, kita akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Efeknya adalah mengurangi stres, meningkatkan rasa bahagia, mengembalikan suasana hati dan lain sebagainya.

 

Bagi Anda yang membutuhkan tempat terbaik untuk melakukan ecotherapy, Kampoong Hening adalah tempat yang sangat ideal. Di sini, tersedia paket ecotherapy lengkap dengan terapis profesional dan berpengalaman.

Metode pembelajaran di Kampoong Hening adalah cara membangkitkan kecerdasan emosional pada anak melalui ecotherapy. Anak-anak akan mendapatkan kesempatan untuk bersosialisasi dengan alam, lingkungan, sosial sehingga kesehatan mental dan kecerdasan emosionalnya bertambah dengan baik.
#IndonesiaSehatMental – #KampoongHening

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.