Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional secara Fisik maupun Spiritual

Di tengah krisis jati diri yang banyak dialami oleh remaja hingga orang dewasa, kecerdasan emosional muncul sebagai solusinya. Banyak cara meningkatkan kecerdasan emosional secara fisik maupun spritual yang bisa diambil. Pada dasarnya, semua cara bisa dilakukan supaya kecerdasan emosional membaik. Tujuannya adalah supaya seorang individu bisa mengidentifikasi dan mengelola perasaannya dengan lebih baik. Kesehatan dan rasa bahagia berawal dari kecerdasan emosional yang tinggi.

 

Cara Efektif Meningkatkan Kecerdasan Emosional secara Fisik maupun Spiritual

Melatih perkembangan kecerdasan emosional sebaiknya dilakukan sejak dini. Hal ini dikarenakan, seorang individu akan melalui masa remaja yaitu fase perubahan dari anak menjadi dewasa. Masa remaja bisa dikatakan sebagai masa yang kritis.

Masa remaja akan menentukan bagaimana seorang individu akan menjadi dewasa. Untuk itu, dibutuhkan cara yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional secara fisik maupun spriritual. Tujuannya agar saat dewasa, mereka mampu menangani semua permasalahannya dengan baik menggunakan kecerdasan emosional mereka.

Pergolakan emosi dan segala perubahannya banyak terjadi di masa remaja. Dalam fase ini, kecerdasan emosional yang dilatih dan ditempa dengan baik akan menghasilkan kemampuan yang sangat bermanfaat.

Berikut adalah cara-cara meningkatkan kecerdasan emosional secara fisik maupun spiritual yang bisa Anda pelajar, yaitu :

 

  1. Berlatih Mengekspresikan Emosi

Setiap individu akan merasakan emosi berdasarkan pengalaman dan peristiwa yang terjadi pada dirinya. Pada remaja, emosi yang banyak muncul adalah emosi-emosi negatif. Emosi ini muncul lantaran orang dewasa tidak selalu bisa memenuhi ekspektasi atau memberikan respon positif atas diri mereka.

Karena itu, dibutuhkan latihan mengekspresikan emosi negatif pada fase remaja. Tujuannya adalah supaya mereka bisa mengatur dan memanage supaya pengekspresian emosi negatif ini tidak meledak-ledak. Berikan contoh dan pelatihan supaya mereka memahami emosi marah, takut dan cinta yang sesuai takaran.

 

  1. Mengenali Reaksi dari Setiap Emosi yang Berbeda

Setiap emosi akan diikuti oleh reaksi tubuh atau gejolak tertentu. Contohnya ketika sedang marah, kita akan merasakan tubuh gemetar, dada menjadi panas dan terasa ingin meluapkan kata-kata tidak pantas.

Remaja harus mengetahui hal ini serta cara untuk menanganinya. Mereka harus dikenalkan pada berbagai macam bentuk emosi dan gejolak yang menyertainya. Setidaknya, hal ini akan menjadi pengetahuan yang bermanfaat untuk melatih kecerdasan emosional.

 

  1. Mengikuti Kegiatan Bermanfaat

Bagi remaja, dibutuhkan sebuah aktivitas untuk mewadahi luapan emosi dengan benar. Salah satu wadah yang benar adalah mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sesuai dengan bakat dan minatnya.

Kegiatan ini akan mendorong remaja untuk bersosialisasi karena bertemu dengan banyak orang. Mereka akan membangun pertemanan dan melatih kemampuan berhubungan dengan orang lain selain keluarga.

 

  1. Belajar Memotivasi dan Mempertajam Empati

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan emosional secara fisik maupun spiritual adalah dengan belajar memotivasi. Dengan memotivasi, setidaknya individu akan belajar memahami bagaimana perasaan orang lain.

Saat mereka sudah bisa mengerti apa yang dirasakan orang lain, maka akan timbul rasa empati. Dari sinilah, kecerdasan emosional dilatih. Sebagai orang yang lebih dewasa, Anda harus bisa mencontohkan bagaimana caranya merasakan emosi orang lain.

 

Melatih kecerdasan emosional juga bisa dilakukan melalui lembaga pelatihan kesehatan mental seperti yang diselenggarakan oleh Kampoong Hening. Tempat ini menyediakan beberapa program untuk membantu Anda meraih kecerdasan emosional yang baik.

Tidak hanya program saja, pelatihan peningkatan kecerdasan emosional di tempat ini juga didukung oleh terapis dan konselor ahli. Mereka akan membantu melatih kecerdasan emosional remaja dengan tepat sasaran.

Kampoong Hening didesain serupa dengan sebuah villa dengan lingkungan sekitar yang masih asri. Untuk meningkatkan kecerdasan emosional secara fisik maupun spiritual, tim Kampoong Hening menggunakan metode ecohealing. Yaitu, sebuah metode yang memanfaatkan alam sekitar untuk melatih kesehatan mental dan emosional.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.