Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Islamic
Ecotherapy

Cara Untuk Sehat dan Bahagia

Konsep Ecotherapy sejak tahun 1980an telah dikembangkan pertama kali di Jepang dengan nama Shinrinyoku. Dalam perjalanan saya mempelajari konsep Ecotherapy ini tahun 2019, entah mengapa hati saya begitu tertarik, merenungkan lebih dalam, mencari bahan-bahan terkait dengan ecohealing therapy yang membuat saya semakin asyik mentadaburi ayat-ayat Allah dalam Al Qur’an.

Ilmu Ecotherapy sendiri banyak menunjukkan hasil ekperimen bahwa manusia dapat menjadi sehat secara fisik dan psikis, ketika terkoneksi kuat dengan alam. Secara definisinya, Ekoterapi mengacu pada pengalaman, terapi, dan aktivitas pertumbuhan pribadi yang terjadi dalam kaitannya dengan alam, dengan fokus pada pengembangan individu dan penyembuhan relasional sekaligus memelihara interaksi yang sehat dengan bumi dan makhluk hidup lainnya

Sementara dalam bahasa sederhananya, ilmu ecotherapy ini adalah salah satu metode menyembuhkan luka batin melalui energi alam.

Didalam Al qur’an, ilmu ecotherapy ini banyak disampaikan, tentang bagaimana keberadaan alam semesta ini diciptakan Allah untuk manusia seutuhnya.

Surat Al-Baqarah ayat 29 Allah berfirman

“Dialah yang menciptakan segala yang ada di bumi untukmu.”

Maknanya, segala mahluk bumi diciptakan untuk membuat hidup manusia menjadi sejahtera (well-being).

Dalam praktek lapangan, saya melakukan kegiatan-kegiatan ecohealing therapy, untuk membuktikan berbagai teori. Bagaimana saya berinteraksi dengan alam, seperti air terjun, tanaman, hewan, melalui seluruh sensori. Banyak hal dirasakan bahwa telah terjadi pertukaran energi pada diri dan alam saat berinteraksi.

Ilmu Ecotherapy mengubah besar paradigma saya tentang alam. Yang selama ini kebanyakan orang seperti saya, memandang alam ini hanyalah sebuah komoditas yang bisa dimanfaatkan, bukan sebagai mahluk Allah lainnya yang harus diberikan kasih sayang.

Dan banyak temuan menarik terutama saat saya renungkan, dalam isoman terkena covid 19, bahwa kasih sayang memiliki prinsip saling memberi, dimana pertukaran energi adalah bukti

Salah satu contoh fakta sederhana terjadi pertukaran energi manusia dengan alam semesta adalah dengan tanaman.

Ketika Allah menciptakan manusia, Ia telah menciptakan alam untuk memenuhi kebutuhan manusia. Manusia dengan alam melakukan pertukaran energi untuk kebaikan. Banyak sekali penelitian menunjukkan bahwa alam sangat dekat dengan manusia, sebagai mahluk hidup. Sebagai salah satu contoh yang begitu dekat dengan kita adalah tanaman. Tanaman memiliki koneksi yang kuat dengan kita sebagai manusia. Ia diciptakan untuk bersinergi memenuhi kebutuhan kita. Tanaman memberikan limpahan oksigen yang kita butuhkan, dan juga menerima kembali limpahan karbondioksida yang menjadi racun ditubuh kita untuk diserapnya. Betapa tanaman adalah pemberi yang terbaik bagi manusia. Bersyukur dengan kehadiran tanaman ini. Seandainya Tuhan tidak menciptakannya, bagaimana kita bisa mendapatkan oksigen melimpah dan membuang karbondioksida disetiap hela nafas yang ada?

Pernafasan dan kadar oksigen sangat berpengaruh terhadap kesehatan secara fisik, dan juga mental. Saat kita bernafas, oksigen yang segar mengalir ke dalam darah, jantung menjadi sehat, paru-paru menjadi segar. Kadar oksigen memengaruhi juga faktor kecemasan dan ketenangan hati. Bila kadar oksigen didalam tubuh kita sedikit, jantung berdebar-debar, dada terasa sesak, emosi mudah terusik. Dalam ilmu Mindfulness, pernapasan yang tidak tepat dapat mengganggu pertukaran oksigen & karbon dioksida dan berkontribusi terhadap kecemasan, serangan panik, kelelahan, dan gangguan emosional lainnya.

Pertukaran energi terjadi dengan alam membuat manusia dapat menjadi sehat dan bahagia.

Dan ketahuilah.. Alam tak hanya ada diluar diri manusia… Alam juga ada didalam diri manusia..

Tubuh kita adalah hutan mini.
Bekerjasamalah dengan hutan mini dalam diri. Sayangi mereka, nanti mereka juga akan menyayangimu.

Konsep Yang Dikembangkan Berdasarkan 3 Teori Utama Yaitu:

Mindfulness

Dalam ilmu Silent Mindful Listening, secara mendasar mengajarkan kita untuk sadar penuh hadir utuh, merasakan syukur dan cinta (Grateful & Loving kindness).

Bagaimana bisa terus bersyukur ditengah kesulitan, kesakitan dengan kondisi tubuh yang rasanya babak belur. Latihannya, dimulai dari sekarang. Mencintai manusia, hewan, tumbuhan, batu, apa saja mahluk hidup pasti diciptakan sebagai penjaga bumi. Dan kita berada digarda yang sama. Hanya beda tugas. Sama-sama mengabdi dan tunduk kepadaNya. Untuk pak Covid, panggilan saya pada mahluk ini, ia telah keluar dari riilnya ia sebagai mahluk penjaga bumi.

Berkembang menjadi ganas dan mematikan.

Bahasa yang dipergunakan untuk menyeimbangkan alam antara manusia dan mahluk lainnya berbeda. Bila tak selaras, ia akan menjadi defens dan menyerang. Manusia sendiri saja, punya bahasa komunikasi dan defens yang berbeda-beda. Bila tak sejalan, bisa juga menyerang satu sama lain bukan?

Happy Counselor

Menjadi konselor bagi diri, orang lain yang sakit, bahkan juga bagi dokter yang merawat karena tegang dengan berbagai peristiwa yang terjadi.

Teknik-Teknik yang saya pergunakan disini adalah teknik journaling, visual imagery, framing, metafora dan zikir therapy.

Melalui happy counselor, kita dapat menjadi konselor yang bahagiamembahagiakan diri sendiri, membahagiakan orang disekitarnya.

Tidak Panjang lebar secara teori disini, karena ini ebook yang praktis bagi Anda yang ingin aplikasi sehat dengan rangkuman di dalam Islamic Ecotherapy.

Islamic Ecotherapy

Sebagai kholifah fil ardh, manusia diutus Allah untuk memimpin semua mahluk bumi. Ia memberdayakan alam ini untuk kebaikan. Maka sebagai pemimpin, diberikan kelebihan untuk menaklukkan mahluk lain, menenangkannya, menjadi master trainernya. Seperti contoh manusia sirkus yang berhasil membimbing singa yang buas bermain Bersama diatas panggung.

Dari mindset ini saya meramu praktek penyembuhan diri, selama ini sakit apapun. Dan salah satunya adalah dengan covid ini. Holistic antara alam, Tuhan dan manusia yang saling terkoneksi.

Dalam hal ini saya juga melibatkan tanaman-tanaman yang menjadi racikan obat untuk dikonsumsi. Tanaman yang diracik sesungguhnya tidak mati. Ia hanya berubah bentuk, menjadi hidup kembali, turut berjuang bersama, setelah dikonsumsi membantu kita untuk sembuh.

Islamic Ecotherapy: Terkoneksinya Hati Dengan Alam Mikro

Selama saya isoman, fulltime saya bisa mempelajari tentang alam dan manusia. Sebuah kisah nabi Sulaiman yang masyhur, memiliki kemampuan berbicara dengan burung, semut dan hewan-hewan lainnya. Dalam Al Qur’an surat AnNaml 19, nabi Sulaiman ketika mendengar salah seekor semut mengingatkan temannya untuk berhati-hati, khawatir diinjak nabi Sulaiamn dengan pasukannya, nabi Sulaimanpun tertawa, sambil mengucap doa syukur:

 “Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.“

Pemaknaan saya, sesungguhnya mahluk lainpun berbicara dengan caranya. Mahluk lainpun tunduk, beribadah kepada Allah. Dan mahluk lain ini diciptakan untuk membantu manusia memakmurkan bumi. Mereka tunduk pada Allah, patuh dan selalu berzikir.

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka.

Al Isra: 44

Kesimpulannya, sebenarnya begitu mudah untuk membuat kita terkoneksi dengan mahluk Allah yang lain, ketika kita juga memandang tubuh kita ini, tempat bersarangnya mahluk Allah itusama-sama tunduk, bertasbih pada Allah.

Apabila bagian hati kita terkoneksi dengan mereka sama-sama menjaga keseimbangan, penuh kasih sayang, sebagaimana Sulaiman menundukkan angin, menundukkan hewan-hewan, demikianlah kita sebagai manusia, insya allah bisa menundukkan mahluk apapun yang masuk ke dalam tubuh kita. Karena Allah menganugerahkan kepada kita power sebagai khalifahnya. Asalkan kitapun tunduk pada Allah.

Pembahasan lebih dalam tentang ilmu ini saya buat dalam buku saya khusus tentang Islamic Ecotherapy, supaya tidak membingungkan. Di ebook ini hanya langsung dalam bentuk aplikasi praktis. Namun setidaknya landasan dasar yang perlu Anda ketahui tentang ini telah saya sampaikan.

Insight Apa Yang Anda Dapatkan?

Area of Expertise!

Vitae molestie metus elementum ornare mauris. Occaecat, atque veniam dictum excepteur.

Vitae molestie metus elementum ornare mauris. Occaecat, atque veniam dictum excepteur.

Vitae molestie metus elementum ornare mauris. Occaecat, atque veniam dictum excepteur.

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. 

Bagaimana Cara Sembuh Lahir Batin?

Jadwal Harian Isoman COVID-19

Scroll to Top