Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Emosional Anak dan Remaja

Kecerdasan emosional bukan kemampuan yang hadir begitu saja dalam diri seorang anak atau remaja. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional dalam diri seorang individu.

Kecerdasan yang melibatkan kemampuan mental ini sebagian besar diperoleh dari pelatihan dan proses pembelajaran. Karena itulah, kecerdasan emosional sangat bisa dibentuk dan ditingkatkan dengan syarat faktor-faktor yang mempengaruhi dinilai cukup mendukung.

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Emosional Paling Utama

Kecerdasan emosional adalah kemampuan individu dalam menafsirkan, merespon dan mengelola emosi dirinya sendiri dan orang lain. Kemampuan ini hadir sebagai salah satu softskill diri yang mendukung kemampuan sosial dan interaksinya dengan masyarakat.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional paling utama. Diantaranya adalah :

 

  1. Faktor Internal

Faktor yang satu ini datang dari dalam diri seorang individu. Faktor internal dibedakan menjadi dua kategori yaitu hereditas dan agama. Kedua kategori ini saling mempengaruhi satu sama lain.

Hereditas adalah faktor keturunan atau warisan berupa watak yang didapatkan dari orang tua. Hereditas dibagi menjadi dua yaitu pewarisan gen yang diturunkan secara biologis dan pewarisan gelar atau status yang diturunkan secara sosial.

Sedangkan, agama adalah keyakinan yang dipilih dari kepercayaan dalam diri seseorang. Agama akan menjadi pondasi yang kokoh supaya jiwa dan mental  individu tetap kuat dan tegar menghadapi semua masalah dalam hidup.

 

  1. Faktor Eksternal

Salah satu dari faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional individu adalah faktor eksternal. Faktor eksternal dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

 

  • Lingkungan keluarga

Keluarga adalah tempat pertama seorang anak belajar bersosialisasi. Orang tua yang merawat dan mendidik anak dengan penuh kasih sayang akan membuat anak menjadi pribadi yang kuat dan sehat secara mental.

Oleh sebab itu, orang tua harus mengajarkan pendidikan mental yang baik seperti nilai kehidupan, tenggang rasa, dan pelajaran emosional positif lainnya. Penanaman kecerdasan mental yang baik akan mematangkan kesehatan emosional dan mentalnya.

 

  • Lingkungan sekolah

Lingkungan sekolah adalah sebuah lembaga formal dimana anak akan dilatih dan diajarkan pendidikan mental dan akademik sekaligus. Di sekolah, anak dididik untuk mengembangkan potensinya baik di bidang akademik, emosional, sosial dan spiritual.

Pendidikan sekolah sementara ini memang masih terfokus pada kemampuan dan kecerdasan intelektual saja. Namun, mengingat isu kecerdasan emosional yang cukup kritis sekarang ini, tidak mustahil pendidikan mental akan diajarkan lebih intens lagi.

 

  • Lingkungan Masyarakat

Kompleksitas dan besarnya tuntutan dalam lingkungan masyarakat adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional anak dan remaja. Tidak disadari, lingkungan ini turut membentuk kondisi emosional dan mental individu.

Seorang anak yang tumbuh di lingkungan yang baik akan menjadi pribadi menyenangkan, penuh empati, suka menolong dan gemar bersosialisasi. Begitu pula sebaliknya. Lingkungan positif melahirkan mental positif, lingkungan negatif memunculkan karakter negatif.

Meskipun kedua faktor ini sama-sama mempengaruhi kecerdasan emosional seorang individu, tidak menutup kemungkinan baginya untuk dibangun atau ditingkatkan. Selalu ada cara memperbaiki sesuatu yang masih bisa tumbuh dan berkembang.

Oleh sebab itu, untuk membentuk kecerdasan mental yang baik, dibutuhkan perangsang yang efektif. Yaitu, sebuah lingkungan tempat tinggal yang baik dengan lingkungan sosial yang mendukung. Anda bisa menemukannya di Kampoong Hening.

 

Kampoong Hening adalah tempat yang didesain seperti sebuah penginapan atau villa dengan latar belakang alam hijau memukau. Dengan dukungan terapis dan konselornya, Kampoong Hening sangat kondusif bagi Anda yang ingin membangun kecerdasan emosional dan mental.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional memang perlu dipupuk, khusus faktor positif saja. Kampung Hening adalah tempat yang ideal bagi Anda yang ingin memupuk dan menyuburkan kecerdasan emosional dalam diri, baik pribadi atau orang lain.

Scroll to Top