free page hit counter

Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Gejala-gejala Gangguan Kesehatan Mental Menurut Psikologi

Dalam psikologi, kita mempelajari berbagai macam ilmu dan pengetahuan mengenai perilaku, fungsi dan proses mental seorang manusia dengan menggunakan prosedur ilmiah. Kesehatan mental menurut psikologi dipengaruhi oleh berbagai peristiwa dalam hidup.

Peristiwa-peristiwa ini memberikan dampak dan pengaruh yang besar terhadap perilaku dan kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, banyak orang yang terganggu kesehatan mentalnya dikarenakan rentetan peristiwa buruk atau negatif dalam hidupnya. Gangguan kesehatan kejiwaan ini dimulai dari beberapa gejala yang bisa dipelajari.

 

Ragam Gangguan Kesehatan Mental Menurut Psikologi

Gangguan kesehatan mental hanya bisa terjadi apabila timbul gangguan mental atau sejenis penyakit mental. Penderita gangguan kesehatan mental akan mengalami perubahan dalam menangani stress, membuat pilihan hingga upaya percobaan bunuh diri.

Tentu saja, hal ini tidak dimulai dengan serta merta. Ada penyebab atau alasan yang membuat seseorang tiba-tiba mengalami gangguan kesehatan mental. Ada pemicu yang menyebabkan terganggunya keseimbangan jiwa seseorang.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya berdiri di ambang batas antara sehat dan tidak sehatnya mental atau kejiwaannya. Mereka berpikir bahwa mereka hanya mengalami kejadian demi kejadian yang berat sehingga pikiran dan hatinya semakin kalut.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa jenis gangguan kesehatan mental menurut psikologi berikut ini. Harapannya, Anda bisa mengenali jika diri sendiri atau orang lain mengalami gangguan kesehatan mental dan segera mencari upaya penyembuhannya.

 

  1. Kehilangan Konsentrasi

Salah satu orang yang kesehatan mentalnya mulai terganggu adalah hilangnya kemampuan untuk berkonsentrasi dalam jangka waktu tertentu. Orang-orang ini tidak bisa memfokuskan pikirannya pada satu atau dua masalah dalam waktu tertentu.

 

  1. Kekhawatiran dan Ketakutan yang Selalu Menghantui

Ada kalanya kita dirundung perasaan khawatir atau takut akan sebuah kejadian. Namun jika hal ini terus membayangi dan selalu hadir dalam pikiran kita, bisa jadi ada yang salah dengan kesehatan mental Anda.

 

  1. Marah Berlebihan dan Sering Melakukan Kekerasan

Hal ini juga menjadi salah satu indikator terganggunya kesehatan mental menurut psikologi. Marah bukan sifat atau karakter seseorang. Amarah yang berlebihan dan bahkan terbiasa melakukan tindak kekerasan adalah sebuah gangguan kesehatan mental.

 

  1. Sering Berfikir untuk Menyakiti Diri Sendiri atau Orang Lain

Berhati-hatilah jika Anda sudah merasa tidak sayang dan berniat untuk menyakiti diri sendiri. Ini jelas mengisyaratkan bahwa Anda sedang mengalami gangguan kejiwaan dan harus segera diobati.

 

  1. Menarik Diri dari Orang Lain dan Kegiatan Sehari-hari

Beberapa orang yang mengalami gangguan kesehatan mental mulai menarik diri dan bersembunyi dari lingkungan sekitarnya. Sikap dan perilakunya berubah dari yang semula riang menjadi seorang yang pendiam. Terkadang, orang-orang ini tidak dapat menjelaskan bagaimana dan apa yang sedang dirasakannya.

 

Itulah beberapa tanda gangguan kesehatan mental menurut psikologi yang perlu Anda ketahui. Tidak semua gejala terjadi pada setiap orang. Beberapa orang memiliki gejala-gejala yang berbeda-beda tergantung dari ketangguhan menta dan kejiwaan mereka.Jika beberapa gejala diatas mulai terlihat pada diri atau orang lain, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk pertolongan pertama adalah menemukan tempat untuk menenangkan diri. Tempat yang paling tepat untuk dikunjungi adalah Kampoong Hening.

Kampoong Hening diciptakan secara khusus bagi Anda yang membutuhkan sebuah tempat untuk menjernihkan hati dan pikiran dari kekacauan. Tempat ini didukung oleh beberapa ahli terapi dan konselor yang akan membantu Anda keluar dari lingkaran gejala gangguan mental.

Konsultasi adalah cara terbaik untuk mengatasi gangguan kesehatan mental menurut psikologi. Dengan berkonsultasi, Anda bisa menceritakan semua permasalahan dan mendapatkan solusi untuk pemecahannya. Dengan konsultasi, Anda akan dibantu untuk mengubah hal-hal negatif dalam hidup menjadi sebuah energi positif dan bermanfaat.

Scroll to Top