free page hit counter

Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Intelektual dan Spiritual

Anda pasti bertanya-tanya, adakah hubungan antara kecerdasan emosional terhadap intelektual dan spiritual? Ketiga jenis kecerdasan ini adalah kemampuan dasar yang ada dalam setiap diri individu.

Kemampuan ini ada yang didapatkan atau diwarisi sejak lahir dan ada pula yang didapatkan dari hasil tempaan atau pelatihan. Ketiga kecerdasan ini saling bahu membahu membentuk seorang individu yang sukses. Namun, bagaimanakah hubungan ketiga kecerdasan ini pada dasarnya? Yuk simak info berikut ini.

 

Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Kecerdasan Intelektual dan Spiritual

Dalam diri kita, terdapat tiga jenis kecerdasan dasar yang kita semua miliki. Kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Ketiganya memiliki hubungan yang erat dan saling berpengaruh satu sama lain.

Berikut ini adalah hubungan kecerdasan emosional terhadap kecerdasan intelektual dan spiritual, yaitu :

  1. Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan emosional adalah kemampuan individu dalam mengenali, mengidentifikasi dan mengelola emosi dan perasaan pribadinya ataupun orang lain. Sedangkan kecerdasan intelektual adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan memecahkan masalah menggunakan logika.

Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kecerdasan intelektual sangat besar. Individu yang bisa mengontrol emosinya mampu meningkatkan kepandaiannya. Mereka tidak mudah terpengaruh akan kejadian buruk yang terjadi.

Banyak siswa yang mengalami hal buruk seperti mengalami tekanan di sekolah, kurangnya perhatian orang tua hingga bermasalah dengan teman. Hal ini akan menimbulkan emosi negatif seperti marah, kesal, kecewa dan terluka.

Siswa akan mampu menepiskan dan mengontrol emosi negatif yang timbul karena kecerdasan emosional yang tinggi. Mereka tetap bisa fokus untuk belajar dan mengasah kemampuan intelektualnya. Itulah mengapa, siswa dengan kecerdasan emosional tinggi selalu tampil sebagai anak rajin yang jauh dari kata malas.

Hal ini membuktikan bahwa kecerdasan emosional seseorang mampu menjaganya dari perilaku yang merugikan. Mereka bisa menahan emosi untuk marah berlebihan, kecewa berkepanjangan hingga perasaan enggan melanjutkan belajar.

 

  1. Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan spiritual adalah kemampuan seorang individu untuk memaknai semua kejadian dalam kehidupannya. Kecerdasan ini pada dasarnya adalah dasar dari dua kecerdasan sebelumnya yaitu kecerdasan intelektual dan emosional.

Kecerdasan pritual mengarah pada kemampuan diri untuk meraih ketenangan dan kedamaian hati. Biasanya, hal ini akan berhubungan dengan sesuatu yang maha besar dan lebih universal.

Hubungan kecerdasan emosional dengan kecerdasan spritual memang saling berkaitan. Pada prakteknya, semua kejadian yang dialami oleh individu pasti akan dibarengi dengan munculnya emosi atau perasaan.

Contohnya ketika seseorang kehilangan keluarga atau orang yang disayanginya. Kecerdasan emosional akan mengidentifikasi kejadian ini dan memunculkan rasa sedih. Karena itu, hal pertama yang akan muncul adalah rasa sedih dan terpukul.

Namun, kesedihan ini akan terhenti pada waktu tertentu. Individu tersebut lambat laun akan menyadari kejadian kehilangan keluarga ini sebagai sebuah peristiwa yang tidak bisa dihindarkan. Karenanya, mereka akan mengambil hikmah dari kejadian tersebut.

Itulah hubungan kecerdasan emosional terhadap kecerdasan intelektual dan spiritual yang bisa Anda pelajari. Ketiganya sudah terbukti nyata memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Jika ada kekurangan, maka individu tersebut juga akan merasakan kealpaan.

Untuk Anda yang ingin melatih kecerdasan emosional supaya bisa hidup lebih baik, mari bergabung dengan Kampoong Hening. Di tempat ini, Anda akan diajarkan bagaimana menjernihkan hati dan pikiran untuk meningkatkan kecerdasan emosional diri.

 

Kampoong Hening adalah tempat yang tepat untuk melatih jiwa dan perasaan serta memperbaiki perilaku dan tindakan negatif yang sudah terlanjur kita lakukan. Dengan metode ecohealing dan terapi yang berpengalaman, Anda akan merasakan perubahan besar dalam hidup. Hidup jadi lebih bermakna dan Anda pasti akan jauh lebih bahagia.

Scroll to Top