free page hit counter

Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Indikator Bahwa Anda Sudah Memiliki Kecerdasan Emosional

Dewasa ini, isu kecerdasan emosional semakin santer terdengar. Hampir setiap orang berupaya untuk meningkatkan kualitas dirinya dengan menambah, melatih dan menempa kecerdasan emosional yang dimilikinya.

Kecerdasan emosional memang dipengaruhi oleh faktor internal, namun tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk melatihnya menjadi lebih kuat. Kecerdasan emosional akan membantu kita menjadi pribadi yang kuat dan tangguh dalam menghadapi semua persoalan hidup.

 

Indikator Kecerdasan Emosional dalam Diri Individu

Kecerdasan emosional bisa dikatakan sebagai kemampuan diri dalam mengenali dan mengelola emosi baik emosi diri sendiri ataupun orang lain. Kemampuan ini dimiliki oleh semua orang. Hanya saja, ada yang mengasahnya dan ada pula yang mengabaikannya.

Dengan memiliki kecerdasan emosional tinggi, seorang individu akan menjadi lebih bahagia dan lebih bermanfaat bagi orang lain. Mereka akan tampil sebagai orang yang ramah dan dicintai oleh banyak orang.

Berikut ini adalah indikator kecerdasan emosional yang tinggi pada seorang individu, yaitu:

  1. Mampu Mengenali Perasaan Sendiri

Seseorang dengan kecerdasan emosional yang tinggi adalah mereka yang mampu mengenali perasaan sendiri. Contohnya adalah ketika Anda berjumpa dengan orang baru yang membuat Anda tertarik.

Pada mulanya, Anda merasa senang dan bahagia dengan orang tersebut. Dalam hal ini, Anda akan mengidentifikasi perasaan sebagai rasa kagum, senang atau suka. Contoh lain ketika Anda sedang dilukai, pasti akan muncul perasaan marah atau kecewa.

Kemampuan diri dalam mengidentifikasi perasaan adalah indikator bahwa Anda memiliki kecerdasan emosional. Dengan mengetahui jenis emosi apa yang Anda rasakan, akan membantu Anda dalam bertindak atau berperilaku.

  1. Mampu Mengenali Perasaan Orang Lain

Sama halnya dengan perasaan diri sendiri. Orang yang baik kecerdasan emosionalnya mampu membedakan orang yang sedang marah, kecewa, senang atau bahagia. Dalam hal ini, akan memudahkan dalam urusan komunikasi dengan orang yang bersangkutan.

  1. Memahami Kekuatan dan Kelemahan Diri Sendiri

Indikator lainnya adalah kemampuan untuk memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Kecerdasan emosional akan membantu seseorang mengerti bagaimana dan sejauh apa kemampuannya dalam melakukan sesuatu hal. Kecerdasan ini akan menampakkan bakat dan minat seseorang.

  1. Tidak Mudah Marah

Kelebihan orang yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi adalah bahwa mereka sangat mampu untuk menahan amarah. Semarah apapun mereka, kecerdasan emosional akan menghalangi dari perbuatan yang merugikan dirinya sendiri.

  1. Pandai Bersyukur

Jadi orang yang pandai bersyukur dan cukup puas dengan pencapaiannya adalah ciri orang cerdas emosionalnya. Bukan berarti individu ini mudah berpuas diri. Hanya saja, mereka cukup mampu mengukur diri dan tidak terlalu memforsir kemampuannya.

  1. Menjadi Pendengar yang Baik

Indikator orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi adalah bahwa mereka dapat menjadi pendengar yang baik. Kemampuannya mengenali dan menganalisa emosi orang lain membuatnya menjadi orang yang mudah berempati. Dampaknya adalah kesabaran untuk menjadi tempat curhat bagi orang lain.

Ingin menjadi orang dengan kelebihan seperti diatas, ini bukan hal yang mustahil. Jika Anda merasa belum menguasai beberapa indikator tersebut, selalu ada cara untuk mewujudkannya. Anda bisa bergabung dengan tempat kami yaitu Kampoong Hening.

 

Kampoong Hening adalah sebuah tempat layanan untuk meningkatkan kesehatan mental dan kecerdasan emosional. Dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai, tempat ini adalah tempat yang paling ideal bagi Anda yang ingin melatih kecerdasan emosional diri.

Menguasai semua indikator kecerdasan emosional bukan lagi hal yang sulit. Dengan bantuan beberapa terapis dan konselor, Anda akan diubah menjadi manusia yang lebih tangguh, kuat, memiliki jiwa solidaritas tinggi dan menjadi manusia yang jauh lebih baik.

Scroll to Top