Ingin Meraih Kesuksesan? Cek Apa Manfaat Kecerdasan Emosional Berikut?

Kecerdasan emosional adalah salah satu kemampuan diri atau individu yang menjadi poin penting dalam penilaian terhadap dirinya sendiri. Namun ternyata, banyak yang belum memahami secara mendalam apa manfaat kecerdasan emosional?

Banyak yang beranggapan bahwa kecerdasan emosional hanya berkaitan dengan menahan amarah atau emosi saja. Justru sebaliknya, kecerdasan emosional bahkan mampu mengalahkan kecerdasan intelektual dan menjadikan seorang individu meraih kesuksesan dalam hidupnya.

 

Apa Manfaat Kecerdasan Emosional yang Perlu Anda Tahu?

Menjadi orang yang sukses tidak seharusnya hanya mengandalkan kecerdasan intelektual saja. Dengan cara ini, Anda bisa saja sukses namun sifatnya hanya pribadi. Jika Anda ingin sukses dan menyukseskan orang lain maka kecerdasan emosional harus juga ditingkatkan dan diasah.

Kecerdasan emosional banyak diabaikan bagi sebagian orang. Mereka tidak memperhatikan pentingnya softskill yang satu ini dalam hidup. Akibatnya, hidup menjadi teramat sulit dan timbul berbagai perasaan negatif dalam diri yang tidak bisa dicegah.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa manfaat kecerdasan emosional dalam diri demi meraih kesuksesan. Berikut ini adalah berbagai manfaat memiliki kecerdasan emosional tinggi dan selalu terasah, yaitu :

  1. Selalu Berhati-hati dan Bijak dalam Mengambil Keputusan

Individu yang memiliki kecerdasan emosional baik tidak mudah memutuskan sesuatu dengan gegabah. Mereka selalu memperhatikan banyak faktor seperti akibat dan pengaruhnya bagi diri sendiri dan orang lain.

Itulah mengapa, orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi sangat cocok untuk dijadikan pemimpin. Mereka tahu kapan waktu yang tepat untuk mengambil sebuah keputusan bijak dan tentunya dengan sangat hati-hati.

 

  1. Pribadi yang Baik dalam Tim

Pernahkah Anda bekerja sama dengan orang yang egois dan mementingkan kebutuhannya sendiri dalam sebuah kelompok atau tim? Ya, orang semacam ini bisa dikatakan memiliki kecerdasan emosional yang rendah.

Mereka tidak bisa menempatkan diri dan mendahulukan kepentingan tim di atas kepentingan pribadinya. Fokus orang-orang dengan kecerdasan rendah adalah kesuksesan dirinya sendiri meskipun harus menginjak dan menyakiti orang lain.

Sedangkan, individu dengan kemampuan dan kecerdasan emosional tinggi akan mencari cara supaya timnya bisa sukses. Mendahulukan kesuksesan bersama dan selalu berupaya yang terbaik untuk kemajuan timnya.

 

  1. Mampu Menerima Kritik

Apa manfaat kecerdasan emosional dalam proses perbaikan diri? Yaitu, kemampuan untuk menerima kritik dan saran yang membangun. Tidak banyak orang yang mampu menerima kritik terhadap apa yang dilakukan atau dikerjakan.

Mereka merasa bahwa kritik dari orang lain yang tidak berkualifikasi hanyalah bualan belaka. Padahal, apapun kritik yang datang selama untuk membangun dan kebaikan, sebaiknya bisa diterima dengan baik dan lapang dada.

Individu dengan kesehatan emosional yang baik sangat terbuka dalam menerima kritik. Mereka tidak mudah terpancing emosi dan menerima saran dari orang lain meskipun pedas.

Menjadi individu dengan kecerdasan emosional tinggi bukan hal yang sulit. Semua kemampuan tersebut bisa dilatih dan dipelajari dengan baik jika didukung sarana dan rangsangan yang tepat.

Bagi Anda yang ingin melatih kesehatan mental dan kecerdasan emosional, Kampoong Hening menyediakan semua fasilitasnya. Mulai dari tempat yang tenang dan damai, terapis dan konselor yang handal serta metode yang tepat untuk stimulasi peningkatan kecerdasan emosional.

Jadi, sekarang Anda pasti sudah memahami apa manfaat kecerdasan emosional bagi seorang individu. Jika saat ini Anda merasa kecerdasan emosional sedang rendah, Anda pasti tahu dimana tempat yang tepat untuk meningkatkannya. Tidak salah lagi, datang saja ke Kampoong Hening dan rasakan perubahannya setelah Anda mengikuti program di sini.

Scroll to Top