free page hit counter

Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Ini Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Pengambilan Keputusan Individu

Pernahkah Anda menyesal karena salah mengambil sebuah keputusan? Ternyata, ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap pengambilan keputusan yang Anda buat. Pengambilan keputusan yang keliru didasarkan pada kecerdasan emosional yang kurang baik.

Itulah mengapa, seseorang yang bertanggung jawab terhadap pengambilan keputusan, contohnya seperti pemimpin, harus merupakan orang-orang yang sehat mentalnya serta memiliki kecerdasan emosional tinggi.

3 Pengaruh Kesehatan Emosional terhadap Pengambilan Keputusan

Sudah banyak dibahas dalam berbagai artikel tentang definisi kesehatan emosional seorang individu. Pada dasarnya, kesehatan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengontrol dan menguasai emosi dan perasaan dalam hatinya.

Lalu mengapa kesehatan emosional dikaitkan dengan kemampuan pengambilan keputusan? Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  1. Mampu Membedakan Mana yang Benar dan Salah

Pengaruh kesehatan emosional terhadap pengambilan keputusan adalah tentang bagaimana seorang individu mampu membedakan hal yang benar dan salah. Pengambilan keputusan tanpa kesehatan emosional yang baik sangat berbahaya.

Banyak orang yang salah melangkah karena tidak memperhatikan semua faktor yang ada dalam mengambil keputusan. Mereka tidak memperhatikan yang salah dan yang benar karena tertutup emosi yang timbul pada saat itu.

Contohnya ketika kita sedang kecewa pada seseorang. Saat datang tawaran baik dari orang tersebut, kita akan serta merta menolaknya karena terlanjur kecewa. Padahal, tawaran tersebut bisa jadi jalan kita untuk berubah menjadi lebih baik.

Ada pula seorang pemimpin yang terburu nafsu mengambil keputusan hanya karena tidak menyukai salah seorang karyawannya. Padahal, karyawan tersebut merupakan salah satu karyawan terbaik dan paling disiplin.

 

  1. Mampu Menalar Dampak dan Efek yang Ditimbulkan

Pengaruh kecerdasan emosional terhadap pengambilan keputusan adalah bahwa pelakunya bisa membayangkan dampak yang ditimbulkan. Segala hal yang terjadi di dunia ini membawa efek atau dampak tersendiri dalam hidup.

Ada yang berdampak baik dan ada pula yang berdampak buruk. Oleh sebab itu, kita harus benar-benar bisa memilih mana yang menguntungkan dan merugikan diri kita sendiri.

Contohnya adalah anak muda yang masih labil dengan kesehatan emosional rendah. Saat mereka mengalami masalah dalam hidupnya, banyak yang mengambil jalan pintas menenangkan diri dengan menggunakan narkoba.

Bagi mereka, narkoba adalah obat yang bisa membuat mereka lupa akan segala permasalahannya. Namun, obat ini bersifat menyembuhkan hanya sementara waktu. Sisanya, obat ini akan menimbulkan ketagihan yang akhirnya akan merusak kesehatan fisik dan mental mereka.

Individu dengan kecerdasan emosional rendah ini harus diawasi supaya tidak mengambil keputusan yang salah. Dampingi dan bantu mereka dalam memutuskan sesuatu hal supaya tidak terjerumus dalam jalan yang keliru.

 

  1. Tidak Sembrono dalam Mengambil Keputusan

Pengaruh kecerdasan emosional terhadap pengambilan keputusan yang selanjutnya adalah kemampuan untuk berhati-hati dalam bertindak. Orang yang emosinya stabil akan berpikir beberapa kali sebelum memutuskan sebuah perkara.

Mereka akan menimbang baik buruknya, dampak bagi diri dan lingkungannya serta hal-hal lain yang mungkin berpengaruh. Oleh sebab itu, kecerdasan emosional dianggap kemampuan yang sangat penting bagi seorang individu.

 

Kecerdasan emosional tidak datang dengan sendirinya. Kecerdasan ini harus dilatih dan ditempa supaya menjadi baik dan terasah. Bagi Anda yang ingin meningkatkan kecerdasan emosional, berkunjunglah ke Kampoong Hening.

Kampoong Hening adalah tempat paling ideal bagi Anda yang ingin menjernihkan pikiran dan hati dari hal-hal buruk yang terjadi. Tempat ini menjadi tempat teraman bagi Anda yang ingin melatih kesehatan mental dan kesehatan emosional.

Pengaruh kecerdasan emosional terhadap pengambilan keputusan adalah sangat berkaitan. Kita tidak bisa mengambil keputusan yang baik tanpa kesehatan mental dan kecerdasan emosional yang rendah. Hidup kita akan semakin berantakan jika memaksakan diri melakukannya. Oleh sebab itu, jadikan Kampoong Hening sebagai tempat pengobatan Anda.

Scroll to Top