Ini Tandanya Anda Memiliki Kesehatan Mental yang Baik dan Kuat!

Tidak banyak orang yang membicarakan masalah mental karena hal ini dianggap sebagai sesuatu hal yang tabu. Padahal, kesehatan mental yang baik dan kuat itu penting bagi setiap orang.

Kesehatan mental harus dipahami dan dijaga seperti menjaga kesehatan tubuh atau fisik. Tanpa mental yang sehat dan kuat, seorang individu pasti tidak akan menikmati hidup dengan tenang, bahagia dan nyaman. Oleh sebab itu, jangan lagi beranggapan bahwa kesehatan mental itu memalukan untuk dibicarakan.

 

Ciri Individu dengan Kesehatan Mental yang Baik

Kesehatan mental seseorang tidak bisa dilihat secara kasat mata seperti sebuah penyakit fisik. Namun, kesehatan mental yang baik atau buruk bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Saat kesehatan kejiwaan seseorang memburuk atau mengalami gangguan, kondisi tubuhnya pun akan mengikuti.

Karena itu, sangat penting bagi Anda menjaga dan menghindarkan diri dari beragam gangguan kesehatan mental yang membahayakan ini. Anda harus mengetahui beberapa tanda kesehatan mental sedang mengalami gangguan atau tidak.

Kali ini, kita akan membahas mengenai tanda-tanda kesehatan mental yang baik dan kuat. Diantaranya adalah:

  1. Memiliki Rasa Optimisme yang Tinggi

Salah satu ciri individu yang memiliki kondisi kejiwaan yang stabil dan sehat adalah mereka yang selalu merasa optimis, ceria, riang dan bersemangat. Sebesar apapun masalah yang menghadang, tidak membendung jiwa optimisme mereka dalam berjuang.Jiwa optimis yang tinggi didapatkan dari rasa percaya diri yang besar. Individu yang bersangkutan memahami dan mengenal dirinya sendiri dengan baik. Mereka mengetahui sebatas mana kemampuan dan kekurangannya. Inilah salah satu ciri mental yang sehat.

 

  1. Mampu Mengendalikan Diri dengan Baik

Tanda kesehatan mental yang baik pada seorang individu adalah kemampuan untuk mengendalikan diri dengan baik. Mereka bisa mengontrol keinginan, emosi dan rasa penasaran dengan sangat baik. Salah satu tandanya seseorang mengalami gangguan kesehatan mental adalah ketika dia tidak bisa membendung hasrat dalam dirinya. Mereka berbuat sesuatu sekehendak hati tanpa mempedulikan bahaya dan dampaknya.

  1. Cukup Jarang Merasa Stress

Orang yang mempunyai jiwa dan mental sehat sangat jarang sekali dilanda stres. Rasa sedih mungkin saja terjadi namun kebanyakan orang-orang ini bisa menguasai dan meredakannya sehingga tidak berlanjut ke fase stress apalagi depresi.

 

  1. Mudah Bangkit dari Keterpurukan

Hidup memang tidak semulus yang dibayangkan. Selalu saja ada masalah yang datang dan pergi. Meskipun demikian, hidup harus terus berjalan. Supaya bisa melalui masalah demi masalah dengan baik, seseorang harus bermental sehat. Dengan mental yang sehat dan kuat, jatuh dan terpuruk selalu bisa diatasi. Kita bisa dengan mudah segera bangkit dan tidak terus menerus terlarut dalam kesedihan karena masalah hidup.

 

  1. Bersedia Menerima Kritik dan Saran

Orang bermental sehat adalah orang yang bisa menerima kritik dan saran. Kadang kala, perilaku dan sikap kita tidak sesuai dengan pemikiran orang lain. Karena itu, dibutuhkan mental yang kuat untuk bisa menerima masukan dari orang lain, meski yang terburuk sekalipun.

 

Bagi Anda yang sekarang ini merasa down dan terpuruk, datanglah ke Kampoong Hening. Di tempat ini, Anda bisa menjernihkan pikiran dari semua peristiwa dalam hidup. Di sini, Anda bisa menyehatkan kembali mental yang menurun.

Kampoong Hening disetting selayaknya penginapan atau cottage yang alami dan asri. Suasananya sangat mendukung untuk proses penyembuhan. Terapis dan konselor di tempat ini menerapkan metode ecohealing dimana individu diajarkan cara menyembuhkan dirinya sendiri.

Kesehatan mental yang baik akan membuat Anda berhasil melalui segala masalah dengan baik pula. Hidup akan lebih bermakna dan bahagia dengan hati, mental dan jiwa yang sehat. Selalu jaga kesehatan mental dan segera kunjungi Kampoong Hening jika merasa kesehatan mental Anda terganggu.

Scroll to Top