Kampoong Hening Family Ecohealing: Self Expansion With The Power of Nature

Kampoong Hening Family Ecohealing: Self Expansion With The Power of Nature

Kampoong Hening Family Ecohealing diadopsi dari konsep Shinrin yoku atau forest bathing.
Manusia di abad ke-21 menghabiskan hingga 87% dari kehidupan kita di dalam, menurut Badan Perlindungan Lingkungan (Environmental Protection Agency). Namun studi ilmiah terus menunjukkan bahwa kontak dengan alam memiliki manfaat signifikan bagi kesehatan kita.

Saat berada di lingkungan alami telah terbukti mengurangi stres, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan meningkatkan kinerja kognitif. Anda mungkin mengalami fenomena ini untuk diri sendiri. Melangkah keluar sejenak dari ruangan kerja ataupun rumah, menjauh dari kehidupan sibuk Anda dan sejenak memandangi hijaunya pohon dan langit yang biru, bisa menurunkan tekanan darah, memperlambat detak jantung, dan membuat Anda merasa lebih baik.

Para tenaga medis sadar akan hubungan antara waktu yang dihabiskan di alam dan kesehatan kita. Beberapa dokter telah mulai menulis resep alami untuk beberapa pasien mereka. Di Jepang, sudah lazim disebut dengan shinrin yoku (“mengambil suasana hutan” atau “mandi hutan”) telah menjadi bagian yang diterima dari perawatan medis. Dokter menyadari bahwa pasien mereka yang stres dan bekerja terlalu keras tidak memerlukan pil, tetapi dosis yang baik dari waktu meditasi yang tenang, tenang, dan meditatif di hutan.

Setelah populer di Jepang selama beberapa dekade, forest bathing juga semakin populer di A.S. Banyak spa telah menambahkan pemandian hutan ke menu layanan mereka.
Salah satu asumsi mendasar dari forest bathing adalah bahwa kehidupan modern kita membombardir otak kita dengan terlalu banyak kebisingan dan terlalu merangsang informasi digital. Tubuh kita merespons kelebihan rangsangan ini dengan hormon stres seperti kortisol, yang berdampak buruk pada kesehatan. Tingkat stres yang meningkat secara kronis telah dikaitkan dengan hipertensi, penyakit jantung, depresi, dan obesitas.

Studi ilmiah terbaru telah membuktikan bahwa forest bathing ini mengurangi kadar kortisol, memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah, dan merangsang sistem kekebalan tubuh, di antara manfaat lainnya.

Mengapa alam berdampak pada kita?

Beberapa berspekulasi bahwa bentuk fraktal alam lebih menenangkan daripada lingkungan buatan kita. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa volatil yang disebut phytoncides yang dipancarkan oleh pohon dapat memainkan peran kunci dalam efek kesehatan pada pemanjat hutan.

Tradisi Shinrin yoku atau forest bathing lainnya meyakini bahwa masayarakat modern yang sangat disibukkan oleh banyak kegiatan perlu menjalani konsep: slowness (kelambatan). Individu memaksa dirinya sendiri untuk fokus pada lingkungan dan berada dalam kesadaran (mindfulness) sebagai terapi bagi kehidupan kita sehari-hari yang tergesa-gesa dan terganggu. Contohnya seperti pernapasan dalam, itu menenangkan sistem saraf kita yang terlalu bersemangat.

Meskipun perjalanan yang dipandu mungkin merupakan cara yang ideal untuk memulai forest bathing, tidak semua dari kita mendapatkan pemandu yang memahami konsep ini. Maka di Kampong Hening, Anda bisa melakukan prinsip-prinsip yang ada dalam konsep forest bathing ini ditengah Kawasan wisata yang dikemas baik dilokasi internal, perjalanan menuju air terjun ataupun melakukan sendiri dirumah.

Klinik Wisata Kampoong Hening, tempat yang jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota, pinggiran kota, atau kota Anda dengan banyak pohon dan trip menuju air terjun serta Hutan Lindung disekitarnya. Meskipun tidak semua memiliki kemewahan hutan yang melimpah, di tempat ini di mana Anda dapat menghilang dari dari pemandangan, suara, dan aroma kehidupan modern.Membuka program aktivitas Ecohealing tidak hanya di Kawasan lokasi Klinik Wisata Kampoong Hening, melainkan membawa konsep Ecohealing ini ke rumah.

Pada hari-hari ketika Anda tidak punya waktu untuk berjalan-jalan santai di hutan atau taman, menerapkan prinsip forest bathing ini dalam kehidupan sehari-hari mungkin akan memiliki efek mendalam pada ketenangan hati Anda. Di mana pun Anda berada, lepaskan mata Anda dari telepon dan lihat sekeliling Anda. Berhentilah untuk mengamati tanaman dan serangga dengan cermat dan mencium aroma bunga yang Anda lewati, bahkan di jalan-jalan kota yang sibuk. Jika Anda punya pilihan, pilih rute ke tujuan Anda yang memungkinkan lebih banyak peluang seperti itu. Berjalan ke bus Anda melalui taman daripada jalan komersial yang ramai, misalnya, harus memiliki dampak positif pada tingkat stres dan suasana hati Anda.
Terhubung dengan dengan alam lebih banyak, di mana pun Anda berada, mungkin membuat Anda lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih damai dengan dunia. Lebih banyak alam, lebih sedikit stres.

Maka Di Kampoong Hening kami juga menyediakan paket Ecohealing di rumah, yaitu dengan berkebun dengan konsep Ecohealing yang memberikan kebahagiaan dan ketenangan melalui 3 proses terapi yaitu merilis emosi negative (release), membangun kesadaran untuk penerimaan diri (accept) dan bersyukur (grateful).

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.