free page hit counter

Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Kecerdasan Emosional Dipengaruhi oleh Beberapa Faktor Berikut! Apa Saja?

Pada dasarnya, kecerdasan emosional dipengaruhi oleh banyak faktor. Kecerdasan emosional merupakan salah satu topik yang sedang hangat diperbincangkan belakangan ini. Kecerdasan ini berperan penting dalam kehidupan seorang manusia terutama kehidupan sosialnya.

Banyak orang yang intelektualnya menonjol namun memiliki kemampuan emosional yang rendah. Mereka sulit mencapai kesuksesan hanya dengan modal kepandaian otak saja. Lalu, apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional? Berikut penjelasannya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional merupakan sebuah keterampilan yang bisa didapatkan dari pembelajaran dan pelatihan. Hal ini dikarenakan kecerdasan emosional dipengaruhi oleh lebih banyak faktor eksternal atau lingkungan, dari pada internal atau diri sendiri.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi terbentuknya kecerdasan emosional seseorang. Diantaranya adalah:

  1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor dari dalam diri seseorang yang memberikan pengaruh terhadap kecakapan individu mengelola emosinya. Faktor ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu:

  1. Hereditas atau Pembawaan

Setiap individu memiliki potensi atau bakat yang akan mempengaruhi karakter dan sikap dalam kehidupannya. Potensi ini didapatkan dari dua aspek yaitu sifat turunan atau genetika dari kedua orang tuanya.

Sedangkan pembawaan yang kedua adalah pembawaan status atau strata yang juga didapatkan dari nenek moyangnya. Kedua faktor hereditas ini memang tidak banyak berpengaruh pada sebagian orang, namun tetap memiliki persentase tersendiri terhadap kecakapan emosional seseorang.

  1. Agama dan Kepercayaan

Agama dan kepercayaan menjadi landasan dan pedoman hidup seseorang yang erat kaitannya dengan kestabilan hati dan jiwa. Seseorang yang berpegang teguh pada agama akan selalu terhindar dari perbuatan yang dilarang oleh agamanya.

  1. Faktor Eksternal

Kecerdasan emosional dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal juga. Faktor ini dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu :

  1. Kondisi Keluarga

Keluarga adalah sekolah pertama bagi setiap individu. Banyak anak yang mempelajari sikap dan karakter dari orang tuanya. Mereka melihat dan meniru apa yang dilakukan oleh orang tua mereka, termasuk perilakunya.

Keluarga yang hangat dan saling mengasihi akan menghasilkan anak-anak yang ramah, ceria dan bersemangat. Mereka mendapatkan rangsangan positif selama tumbuh dalam keluarga yang baik.

  1. Lingkungan Sekolah

Setelah lingkungan keluarga, faktor yang mempengaruhi kondisi kecerdasan mental seseorang adalah sekolahnya. Masa sekolah adalah masa yang sangat panjang dimana seorang individu diajarkan banyak hal dan wawasan.

Tidak hanya mempelajari pelajaran akademis saja, di sekolah seorang siswa juga diajarkan bagaimana bersikap baik, memahami sesama, saling menolong dan sebagainya. Institusi ini adalah tempat yang sangat mempengaruhi perkembangan kecerdasan emosional seorang anak.

  1. Lingkungan Masyarakat

Selain dua faktor di atas, kecerdasan emosional dipengaruhi oleh faktor terakhir yaitu lingkungan masyarakat. Masyarakat adalah tempat dimana seorang individu hidup dan membaktikan dirinya.

Di tengah masyarakat, seseorang bisa berguna dan bermanfaat bagi sesamanya. Namun, masyarakat jugalah yang membentuk karakter dan kepribadian seseorang. Lingkungan yang baik akan menghasilkan individu yang berkarakter positif.

Kecerdasan emosional menjadi dasar karakter dan sikap seorang individu di tengah masyarakat atau lingkungannya. Di dalam keluarga, tetangga, tempat kerja, dalam sebuah organisasi dan lain sebagainya, sangat dipengaruhi oleh kecerdasan emosional.

Oleh sebab itu, pendidikan karakter untuk membentuk kecerdasan emosional itu sangat penting. Karenanya, sangat tepat jika Anda dan keluarga melakukan pelatihan untuk mendapatkan material dan contoh yang tepat untuk melatih kecerdasan emosional ini.

Kampoong Hening menyediakan pelatihan untuk pembentukan kecerdasan emosional. Terapis dan konselor ahli siap untuk membantu Anda meningkatkan dan mengasah kecerdasan emosional diri.

Sebagian besar, kecerdasan emosional dipengaruhi oleh faktor lingkungan masyarakat. Oleh sebab itu, Anda harus berada di lingkungan yang tepat. Lingkungan Kampoong Hening merupakan tempat yang sangat ideal dan sempurna untuk mengubah Anda menjadi manusia baru yang lebih baik dan bermanfaat. Mari coba dan buktikan.

 

Scroll to Top