free page hit counter

Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Kecerdasan Emosional terhadap Interpersonal

Menurut Anda, adakah hubungan antara kecerdasan emosional terhadap interpersonal? Kecerdasan emosional adalah kemampuan diri sendiri dalam mengenali emosi yang terjadi, sedangkan interpersonal adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Bagaimana kedua hal ini bisa saling berkaitan satu sama lain? Adakah dampak baik dan buruk yang dihasilkan jika terjadi kekurangan kecerdasan emosional pada seorang individu? Mari kita cek bersama-sama.

 

Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Interpersonal

Sebagai makhluk sosial, satu individu tidak bisa terlepas dan hidup tanpa bantuan individu lainnya. Mereka saling membutuhkan dan saling menolong. Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap orang hidup saling berdampingan sehingga pasti akan timbul interaksi antara mereka.

Untuk mencapai kehidupan yang damai dan sentosa, interaksi antar manusia ini harus berjalan dengan baik dan lancar. Karena itulah dibutuhkan komunikasi yang baik dan dua arah. Komunikasi yang baik inilah yang disebut dengan interpersonal.

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan dalam diri seseorang untuk memahami dan menilai kebutuhan orang lain serta bertindak dan berinteraksi dengan mereka. Untuk membantu memahami kebutuhan orang lain, tentu saja dibutuhkan kecerdasan emosional.

Tanpa kecerdasan emosional, tidak mungkin seorang individu bisa membaca perasaan atau emosi orang lain. Mereka tidak akan mampu mengidentifikasi apa yang sedang dirasakan oleh orang yang sedang berinteraksi dengannya.

 

Berikut ini adalah hubungan kecerdasan emosional terhadap interpersonal, yaitu :

  1. Mendapatkan Sebuah Tujuan

Komunikasi antara dua orang atau lebih pasti memiliki atau setidaknya mengandung tujuan tertentu. Dengan kecerdasan emosional yang baik, hubungan interpersonal akan berjalan dengan lancar sehingga tujuan yang dikehendaki dapat tercapai.

  1. Mampu Menyampaikan Pesan dengan Tepat dan Baik

Kecerdasan emosional yang baik sangat membantu seseorang untuk mengutarakan pendapat, menyampaikan pesan, memberikan kritik dengan baik dan tepat. Mereka akan memilih dan memilah kata yang tepat sasaran dan tidak menyakitkan hati orang yang mendengar.

  1. Mudah Bersosialisasi

Kemampuan bersosialisasi dengan baik adalah salah satu bentuk kemampuan diri yang didukung oleh kecerdasan emosional. Komunikasi interpersonal akan lebih lancar dan mulus jika kedua individu sama-sama dan saling mengerti emosi masing-masing.

  1. Lebih Menghargai

Dengan kecerdasan emosional yang tinggi, tidak mudah bagi seseorang untuk menyakiti hati orang lain. Mereka akan lebih menghargai dan supaya hubungan keduanya terus berjalan dengan baik dan lancar.

Interpersonal bukan hanya tentang kemampuan menjalin interaksi saja. Namun bagaimana menghasilkan komunikasi yang sehat supaya hidup menjadi lebih tenang, damai dan bahagia.

  1. Sebagai Proses Pembentukan Identitas

Anda pasti memiliki harapan untuk dikenal orang lain dengan karakter yang baik dan terpuji. Kecerdasan emosional akan mendukung harapan yang Anda miliki ini. Kemampuan untuk menjaga emosi dan perasaan, senang berempati, mudah diajak bicara akan menjadikan Anda sebagai sosok yang disukai.

Melihat lima hubungan ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional memang berkaitan erat dengan interpersonal. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda mempertajam dan meningkatkan kemampuan dan kecerdasan emosional diri.

 

Untuk itu, kami menyediakan sebuah tempat yang sangat tepat untuk proses ini. Kami menyebutnya dengan Kampoong Hening. Sesuai namanya, Kampoong Hening memang disetting seperti sebuah kampung dimana Anda  bisa melatih kecerdasan emosional dengan fasilitas lingkungan yang masih alami.

Menggunakan metode ecohealing, pelatihan kecerdasan emosional di Kampoong Hening akan dibimbing oleh terapis dan konselor berpengalaman. Bukan hanya teori saja, Anda juga akan dipandu untuk memunculkan indikator kecerdasan emosional dalam diri. Melatih bagaimana kecerdasan ini akan mempengaruhi hubungan interpersonal yang Anda jalin.

 

Scroll to Top