Kesehatan Mental Islam Membawa Kejernihan Hati

Sebuah lifestyle terkadang menekan seseorang untuk tetap eksis dalam meraih persaingan kesuksesan. Hal ini berdampak terhadap meningkatnya masalah kesehatan jiwa. Sebagai agama mayoritas tanah air, Islam pun juga mengenal konsep kesehatan jiwa. Kesehatan mental Islam ini merupakan kemampuan individu mengelola fungsi kejiwaan yang diatur berdasarkan pedoman hidup yakni Al-Quran dan As-Sunah

Menyatu Dengan Alam Sebagai Jalan Menuju Kesehatan Mental Islam

Berbagai aspek kehidupan manusia, menuju kebahagiaan dunia akhirat telah diatur dalam kitab suci AL-Quran. Termasuk pula mengenai bagaimana seseorang untuk mencegah diri dari gangguan kejiwaan melalui sebuah amalan ibadah.

Minimnya pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan jiwa membuat seseorang yang mengalami gangguan jiwa mendapatkan stigma negative dan cenderung mengucilkannya. Tradisi yang telah membudidaya ini membuat seseorang enggan terbuka apabila memiliki gejala gangguan jiwa.

Penderita cenderung memendam diri dan tidak mau melakukan perawatan medis karena takut dikucilkan. Stigma ini mengakibatkan seseorang semakin merasa tertekan dan berujung stress.

Kampoong Hening hadir untuk memberikan jalan keluar bagi Anda yang merasa dibelenggu oleh masalah yang tak kunjung usai.  Kami akan membantu Anda mengelola ego-state untuk menemukan keajaiban melalui nilai spiritual yang berbasis alam. Pasalnya menyatu dengan alam berpadu pengamalan ibadah membuat hati menjadi lebih tenang .

Ciri-Ciri Kesehatan Mental Islam Yang Normal

Kesehatan mental seseorang dipengaruhi oleh factor internal seperti sifat, bakat dan juga factor eksternal seperti lingkungan keluarga. Apabila factor-faktor ini selaras, maka seseorang akan memiliki mental yang sehat dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Terhindar dari gangguan jiwa
  2. Mampu menyesuaikan diri untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalahnya
  3. Mampu memanfaatkan potensi yang ada dalam diri individu
  4. Melakukan aktivitas yang bertujuan untuk mencapai kebahagiaan

Dalam konsep Islam mental yang sehat akan memiliki pandangan religious seperti beriman kepada Allah serta mengamalkan segala perintahNya  Dan apabila Anda seringkali merasakan perasaan tidak nyaman, kurang percaya diri hingga melakukan kegiatan menyimpang seperti alkoholik menjadi pertanda mental Anda terganggu.

Sesungguhnya manusia memiliki fitrah serta naluri untuk beragama. Dalam Al-Quran Surat An Nahl 16:9 dijelaskan bahwa barang siapa yang mengerjakan amal sholeh akan mendapatkan kehidupan yang baik beserta pahalanya.

Dan sesungguhnya orang yang selalu mengingat Tuhannya akan dilandai rasa aman dan tenteram. Islam beserta seluruh petunjuknya menjadi sebuah obat bagi jiwa dengan segala penyakit hati lainnya.

Ibadah Sebagai Psikoterapi

Ibadah madhah seperti sholat, dzikir, puasa, haji bisa memberikan efek positif bagi psikis manusia atau dikenal pula dengan psikoterapi melalui amalan ibadah. Kampoong Hening mengemas ibadah sebagai psikoterapi secara apic dengan sebuah eco-healing.

Customer yang datang akan mendapatkan experience spiritual berpadu dengan nuansa alam. Mereka akan berjalan menyusuri hutan, mendengar suara-suara alam, menyentuh dedaunan dengan lembut, memandang berlama lama dan menghirup bau tanah yang segar.

Nuansa ini mengubah energy-energy negatif menjadi sebuah motivasi diri. Menjalankan eco healing dengan nilai spiritual membuat konsumen kami merasakan pengalaman yang membahagiakan, seperti:

  1. Adventure

Beraktivitas merasakan journey dan mendapatkan insight

  1. Secret Convenience

Hal-hal rahasia dapat dieksplorasi dengan nyaman tanpa merasa dipermalukan

  1. Solutif

Mendapatkan solusi esensial sesuai yang dibutuhkan

  1. Sharing Happines

Individu menjadi empowering dan bahagia

  1. Self Contemplation

Penyadaran, menemukan hal yang tidak diduga sebelumnya

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk Tuhan yang akan kembali kepada-Nya sewaktu-waktu. Menjalankan lifestyle sederhana dan bersyukur serta membantu perekonomian masyarakat akan mendatangkan kebahagiaan yang disertai pahala.

Kesehatan mental Islam dengan mengamalkan ibadah membuat seseorang terhindar dari gangguan jiwa. Hal inilah yang dilakukan oleh tim Kampoong Hening dalam upaya penyembuhan mental seseorang. Karena pedoman-pedoman dalam Islam berfungsi sebagai asy-Syifa atau obat fisik dan rohani demi mencapai ketenangan jiwa.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.