Kesehatan Mental Masyarakat sebagai Indikator Kesejahteraan Indonesia

Harta dan kekayaan yang melimpah tidak menjadi ukuran kebahagiaan seseorang dalam sebuah masyarakat. Namun, yang lebih utama dari itu semua adalah tingginya kesehatan mental masyarakat.

Kesehatan mental dianggap sebagai salah satu indikator kesejahteraan suatu bangsa. Jika penduduknya dalam kondisi sehat secara fisik dan mentalnya, maka bisa dikatakan bangsa tersebut adalah bangsa yang sejahtera. Hal inilah yang harus diperhatikan.

 

Hubungan Kesejahteraan dan Kesehatan Mental Masyarakat

 

Berdasarkan sumber data dari WHO, penduduk Indonesia yang mengalami gangguan kesehatan mental mencapai 15 persen dari keseluruhan total penduduk. Ini adalah data yang tercatat dan diketahui, belum menyeluruh pada seluruh lapisan masyarakat.

Jika semua gangguan kesehatan mental masyarakat diteliti secara mendetail, maka angka yang ditunjukkan akan lebih mencengangkan lagi. Artinya, gangguan kesehatan mental masih banyak yang disembunyikan, ditutup-tutupi karena dianggap sebagai sebuah aib.

 

Keluarga yang mengalami gangguan kesehatan mental akan disembunyikan. Bahkan ketika mengetahui diri sendir mengalami gejala-gejala depresi, seseorang akan mencoba menutup diri karena berbagai alasan. Bisa jadi takut dianggap gila, merasa malu atau tidak memiliki kemampuan finansial untuk pengobatannya.

Kesehatan mental di Indonesia masih belum terjamah secara keseluruhan. Terlebih lagi oleh masyarakat menengah ke bawah yang rata-rata masih sangat awam akan informasi dan pengetahuan mengenai kesehatan mental dan kejiwaan.

 

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kecemasan dan stress merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan mental. Sebagian besar masyarakat menganggap dua hal ini sebagai sesuatu yang lumrah dan biasa. Kedua gangguan kesehatan mental ini pun diabaikan seakan tidak pernah terjadi apa-apa.

Sayangnya, jika situasi seperti terus menerus berlanjut, maka yang akan kita lihat adalah sebentuk masyarakat yang jenuh dan mudah tersulut emosi. Apalagi ketika dihadapkan pada beban hidup sedemikian berat, memikirkan banyak hal sekaligus dan lain sebagainya.

 

Gangguan kesehatan mental yang semula ringan akan beranjak ke fase berat seperti mengalami psikotik akut, insomnia, depresi hingga percobaan bunuh diri. Semakin banyak orang-orang yang menderita tekanan mental, maka akan semakin berpengaruh pada sekitarnya.

Oleh sebab itu, seringan apapun gejala gangguan kesehatan mental masyarakat, seharusnya segera ditangani. Tidak ada penyakit berat yang timbul tanpa adanya gejala awal. Karenanya, ketika gejala awal telah tertangani, maka akan memperkecil kemungkinan gangguan kesehatan mental berubah menjadi penyakit mental.

 

Pendidikan kesehatan mental harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Setelah lingkup kecil ini sukses memahami dan menjalankan terapi-terapi kesehatan mental, maka bisa kemudian ditularkan pada lingkungan sekitarnya seperti tetangga, rekan kantor dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu upaya meningkatkan kesehatan mental masyarakat Indonesia, Kampoong Hening hadir untuk mendukung program ini. Tempat ini adalah tempat yang paling tepat bagi Anda yang ingin menyehatkan diri sendiri terutama kesehatan jiwa dan rohani.

 

Di Kampoong Hening, Anda tidak akan melihat tempat terapi seperti yang biasa ada di rumah sakit atau balai pengobatan. Tempat ini dirancang secara khusus dengan bentuk senyaman mungkin yaitu sebagai sebuah villa, cottage atau penginapan yang asri dan alami. Tujuannya adalah untuk menciptakan jalinan antara jiwa dan pikiran Anda dengan alam sekitar yang masih alami. Kesejukan, kejernihan dan keasrian lingkungan alam Kampoong Hening adalah sebagai akselerator atau percepatan proses pengembalian kesehatan mental Anda.

Di tempat ini, Anda akan dipandu oleh para terapis dan konselor berpengalaman. Anda akan menemukan tempat curhat paling tepat dan dapat dipercaya yang akan membantu keluar dari permasalahan dan semua beban di hati. Mereka adalah orang-orang yang ahli dalam mengubah perasaan negatif dalam jiwa menjadi semangat dan energi positif.

Kampoong Hening adalah jenis lembaga kesehatan mental masyarakat yang sangat penting keberadaannya. Tempat ini akan membantu membangun kesejahteraan masyarakat dari sisi kesehatan mental supaya masyarakat bisa hidup dengan tentram dan bahagia apapun kondisinya.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.