Khawatir Depresi? Tes Kejiwaan Anda di Lembaga Kesehatan Mental Berikut!

Sebuah studi tentang masalah kejiwaan memberikan kabar mengejutkan bahwa satu dari tiga mahasiswa rentan terserang depresi. Berdasarkan penelitian oleh beberapa lembaga kesehatan mental, permasalahan gangguan kesehatan kejiwaan ini berawal dari rasa enggan untuk berbagi cerita. Mereka lebih memilih berdiam diri dan memendam semua permasalahan yang dialaminya.

Karena itulah, beberapa lembaga yang bergerak di bidang kesehatan mental ini menyediakan layanan konsultasi dimana pasien bebas untuk bercerita atau curhat sekehendak hatinya. Daripada stress dan kecemasan berakhir pada fase depresi, bukankah lebih baik membaginya dengan orang lain yang bisa memberikan solusi atau masukan.

5 Lembaga Kesehatan Mental Terbaik

Stres dan depresi adalah salah satu bentuk gangguan kesehatan mental yang bisa jadi cukup berbahaya bagi penderitanya. Tidak hanya merusak kesehatan kejiwaan mereka, gangguan atau penyakit ini bahkan bisa membahayakan kesehatan fisik atau tubuh penderitanya.

Banyak penyakit fisik yang bersumber dari penyakit hati. Jika hati dalam kondisi yang tidak baik, kalut, penuh tekanan dan cemas berkepanjangan, maka penyakit fisik akan sangat mudah menghampiri.

Oleh sebab itu, keberadaan lembaga kesehatan mental sangatlah penting. Tidak semua orang dengan suka hati mengunjungi psikiater atau psikolog karena khawatir akan dicap atau dianggap gila. Mereka lebih suka memendamnya dari pada dianggap buruk oleh orang lain.

Namun bagaimanapun juga, para pasien ini benar-benar membutuhkan seseorang yang mampu membantu mereka keluar dari lingkaran hitam dalam hati dan pikirannya. Mereka membutuhkan orang yang bisa membuka pintu dari ketersesatan yang dialaminya.

Hal ini bisa mereka dapatkan dari ahli-ahli terapis dan konselor yang ada di dalam sebuah lembaga kesehatan mental. Berikut ini adalah lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang kesehatan mental atau kejiwaan dengan reputasi yang cukup bagus, yaitu :

 

  1. Get Happy

Get Happy adalah sebuah lembaga non-profit yang bergerak di bidang penyediaan sarana sosialisasi dan edukasi kesehatan mental di Indonesia. Lembaga ini menyediakan fasilitas supaya para penderita gangguan kesehatan mental bisa saling berbagi pengalaman dan cara mengatasinya.

  1. Sehat Mental Indonesia

Lembaga ini didirikan oleh seorang aktivis dan pegiat kesehatan mental di Indonesia. Sehat Mental Indonesia tidak henti-hentinya mengkampanyekan betapa kesehatan mental itu sangat penting. Mereka bahkan menyediakan berbagai macam workshop dan pemeriksaan kesehatan mental gratis di berbagai tempat.

  1. Depression Warriors Indonesia

Pendiri dari Depression Warriors Indonesia pernah mengalami gangguan kecemasan hingga depresi. Hal inilah yang kemudian melecutnya untuk mendirikan lembaga kesehatan mental untuk masyarakat Indonesia.

  1. Into the Light

Seperti namanya, lembaga ini fokus pada upaya pencerahan bagi seseorang yang sudah mengalami gangguan kesehatan mental fase berat. Umumnya, pasien yang datang ke tempat ini sudah pernah melakukan upaya bunuh diri dan cara-cara menyakiti diri sendiri lainnya.

  1. Kampoong Hening

Kampoong Hening adalah sebuah tempat di daerah Jawa Barat yang menawarkan ecohealing untuk menyegarkan jiwa dan pikiran. Di tempat ini, orang-orang dengan gangguan kesehatan mental akan diajarkan cara keluar dari permasalahan dan beban yang mereka alami.

 

Mereka akan belajar cara menyembuhkan diri sendiri dan membangun kembali semangat hidup yang memudar. Mengubah segala hal negatif yang ada dalam hati menjadi sebuah energi positif untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Tempat paling tepat bagi Anda yang menderita gangguan kesehatan mental fase ringan adalah Kampoong Hening. Di sini, Anda akan dipandu oleh terapis dan konselor berpengalaman dengan metode ecohealing. Lembaga kesehatan mental ini bisa menjadi tempat paling sempurna menemukan motivasi diri untuk hidup yang lebih baik.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.