Manajemen Baik dalam Membentuk Sikap Mental Karyawan yang Positif

Karyawan yang positif dan produktif adalah aset perusahaan yang sangat berharga, namun tidak semua karyawan bisa menjadi seperti ini. Karena itu, perusahaan perlu membentuk sikap mental karyawan yang positif dan membudayakan nilai-nilai positif.

Dalam sebuah perusahaan, baik tidaknya lingkungan kerja sangat bergantung pada manajemen dan kepemimpinannya. Dari manajemen yang baik lahirlah karyawan-karyawan yang produktif dan memiliki mental positif.

Cara Membentuk Sikap Mental Karyawan yang Positif

Sebagian besar waktu para karyawan dihabiskan di tempat kerjanya. Tidak jarang apabila kita temui karyawan-karyawan yang sudah jenuh dan bosan dengan ruang kerjanya. Hal ini akan menurunkan kinerja dan produktivitas karyawan itu sendiri.

Suasana tempat kerja juga mempengaruhi turunnya kinerja dan produktivitas karyawan. Tidak sedikit karyawan yang kemudian stress dan depresi menghadapi lingkungan kerja yang tidak kondusif. Rekan kerja bawel, atasan cerewet, gaji kurang mencukupi adalah sumber ketidaknyamanan di tempat kerja.

Karena itulah, penting bagi pemilik atau pemimpin perusahaan berusaha untuk membentuk sikap mental karyawan yang positif. Selain untuk mengembalikan produktivitasnya, proses ini sebagai bagian dari mempertahankan aset perusahaan.

Berikut adalah tata cara membentuk sikap mental karyawan yang positif di tempat kerja, yaitu :

  1. Berikan Contoh Sikap Positif

Sikap positif tidak bisa dibentuk hanya dengan instruksi saja. Sebagai pemimpin, Anda harus mencontohkan sikap-sikap positif pada karyawan. Contohnya adalah datang tepat waktu, mengerjakan pekerjaan sesuai job desc dan lain sebagainya. Seorang pemimpin yang positif akan menginspirasi karyawan untuk berperilaku serupa. Karyawan akan merasa diberi dukungan sepenuhnya dalam lingkungan kerja mereka. Karena itulah, budaya positif bisa ditegakkan.

  1. Tanamkan Nilai-nilai Positif dalam Lingkungan Kerja

Setelah memberikan contoh, pastikan untuk menanamkan sikap positif dalam bekerja. Ramah, murah senyum, saling menghormati dan menghargai, saling membantu dan lain sebagainya harus dituangkan dalam lingkungan kerja.

  1. Berikah Penghargaan untuk Pencapaian Karyawan

Salah satu sikap positif yang bisa Anda contohkan adalah mengerti cara menghargai karyawan. Berikan penghargaan pada karyawan-karyawan atas kinerja dan produktivitasnya. Penghargaan terhadap karyawan tidak selalu dalam bentuk materi atau benda. Pujian dan ucapan terima kasih akan membuat karyawan merasa dibutuhkan dan dihargai sebagai individu.

  1. Lakukan Pelatihan sebagai Sarana Refreshing

Membentuk sikap mental karyawan yang positif harus dilakukan dengan cara yang riil. Contohnya seperti menyediakan sarana pelatihan dan pembentukan mental dan karakter. Pelatihan ini selain untuk tujuan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk sarana refreshing karyawan.

Pelatihan pembentukan mental positif dalam bekerja biasanya dilakukan di luar kantor. Acara-acara seperti ini memang perlu dijadwalkan dalam beberapa waktu secara rutin. Selain meningkatkan kesehatan mental, juga bisa untuk meningkatkan kekeluargaan.

Salah satu tempat yang sangat ideal untuk acara pelatihan membentuk sikap mental karyawan yang positif adalah Kampoong Hening. Di sini, tersedia sarana dan prasarana pelatihan kesehatan mental bagi karyawan.

Kampoong Hening adalah sebuah penginapan atau villa dimana Anda dan karyawan bisa menikmati keindahan alam yang masih alami. Dengan latar belakang tempat yang mendukung, proses pelatihan pembentukan mental karyawan akan berjalan dengan sukses.

Ditambah lagi kehadiran terapis dan konselor berpengalaman akan menjadi senjata yang paling ampuh dan pamungkas. Para terapis dan konselor ini sangat ahli dalam membentuk karakter dan mental karyawan seperti yang diharapkan oleh perusahaan.

Dengan metode ecohealing, tidak hanya untuk membentuk sikap mental karyawan yang positif saja, namun juga membantu mereka belajar manajemen diri. Di sini akan diajarkan bagaimana mengolah hati dan pikiran untuk menjaga mental tetap sehat dalam berbagai macam kondisi.

 

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.