Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Mendalami Pentingnya Konselor dalam Kesehatan Mental Psikologi Umum

Dalam dunia kesehatan mental psikologi umum, seorang konselor memegang peranan yang cukup penting. Mereka menjadi jembatan bagi seorang pasien gangguan kesehatan mental dengan dirinya sendiri.

Konselor adalah seseorang yang bekerja secara individu ataupun kelompok dalam rangka meningkatkan kesehatan mental dan emosional secara optimal. Seorang konselor berperang penting dalam membantu mengatasi individu dengan berbagai masalahnya.

Peran Konselor dalam Kesehatan Mental Psikologi Umum

Seorang individu sangat mungkin mengalami berbagai macam masalah dalam hidupnya. Terkadang, mereka bahkan melalui masa-masa yang sulit dan membuat hati terasa sesak atau tertekan. Permasalahan keluarga, pekerjaan, kecanduan narkoba, stress terhadap lingkungan dan lain sebagainya.

Di sinilah, peran seorang konselor dalam kesehatan mental psikologi umum. Konselor berkewajiban untuk membantu seorang individu untuk memahami dirinya sendiri. Membantu mereka mengenal apa dan bagaimana harus bertindak dengan diri dan keinginannya.

Berikut ini adalah beberapa peran lain yang dilakukan oleh seorang konselor yaitu :

  1. Mengumpulkan Informasi tentang Pasien

Seorang konselor harus mampu membuat pasiennya berbicara. Setidaknya, konselor akan mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara hingga tes untuk menggali identitas pasien yang sedang ditanganinya.

  1. Mendorong Pasien Bercerita

Masalah kesehatan mental psikologi umum adalah masalah hati dan pikiran. Segala macam gangguan yang terjadi di dalam hati dan pikiran tidak akan bisa diketahui sebelum individunya bercerita.

Oleh sebab itu, konselor dituntut untuk bisa membuat pasiennya berbicara mengenai segala konflik hidup yang mereka alami. Mereka harus memiliki kemampuan dan kepekaan sosial dalam membaca mengapa pasien melakukan tindakan tertentu.

  1. Menjaga Kerahasiaan Pasien

Konselor tidak hanya berhubungan dengan satu atau dua pasien saja. Mereka bisa menerima belasan pasien dalam satu waktu. Di sini, tugas seorang konselor adalah membuat pasiennya bercerita dan berbicara tentang diri mereka.

Dengan demikian, seorang konselor pasti akan memegang banyak rahasia dari para pasiennya. Mereka bertanggungjawab akan kerahasiaan semua cerita dan juga termasuk pengobatan yang dilakukan oleh pasien.Konselor juga harus memiliki kemampuan untuk membaca kondisi dan situasi. Menggunakan penalaran dan logikanya untuk mencarikan solusi terbaik, mengambil kesimpulan, serta menemukan titik pendekatan terhadap permasalahan yang dialami pasien.

  1. Berdiskusi dengan Pasien

Seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental membutuhkan orang yang bisa dipercaya untuk menceritakan masalahnya. Di sinilah peran seorang konselor sebagai bagian dari kesehatan mental psikologi umum.Pasien gangguan kesehatan dapat bertukar pikiran, saling berdiskusi, meminta saran dan pendapat dari konselor yang ia temui. Pasien dan konselor dapat bekerja sama mencari solusi terbaik untuk mengatasi gangguan kesehatan mental yang dialami oleh pasien.

  1. Menyimpan Dokumen Medis

Dokumen medis adalah catatan penting terkait penyakit dan pengobatan yang dilakukan oleh seorang pasien. Catatan ini sangat berguna di masa mendatang ketika penyakit mental yang diderita datang kembali. Seorang konselor berkewajiban mengisi dan menyimpan semua catatan medis baik mulai diagnosa, pengobatan hingga catatan perkembangannya.

 

Bagi Anda yang membutuhkan seorang konselor ahli dan berpengalaman, temukan salah satunya di Kampoong Hening. Tempat ini akan menyediakan konselor yang Anda butuhkan, yaitu yang terpercaya, solutif, terbuka, ramah dan peka.

Kampoong Hening adalah sebuah tempat yang didesain secara khusus untuk memberikan terapi bagi para pasien penderita gangguan kesehatan mental ringan. Tempat ini memiliki lingkungan yang menakjubkan. Suasananya masih sangat alami, sehingga jika datang kesini Anda akan nampak seperti berlibur.

Konselor sebagai ahli kesehatan mental psikologi umum adalah senjata terbaik yang ada di Kampoong Hening. Mereka merupakan orang-orang ahli yang akan membantu Anda keluar dari gangguan kesehatan mental. Setelah bertemu mereka, Anda akan hidup dengan semangat baru dan menjadi orang yang lebih baik.

Scroll to Top