Mengatasi Perilaku Negatif Melalui Kesehatan Mental Bimbingan Konseling

Perilaku negatif yang banyak dilakukan oleh para remaja dewasa ini merupakan salah satu bentuk penyimpangan. Karenanya, kesehatan mental bimbingan konseling dibutuhkan untuk memperbaikinya.

Konseling untuk kesehatan mental ini menjadi salah satu strategi yang bisa dipergunakan untuk membantu remaja menemukan jati diri dan terlepas dari perbuatan negatif.  Bimbingan konseling sudah harus dimulai sejak anak-anak mulai menginjak masa remajanya.

Pentingnya Kesehatan Mental Bimbingan Konseling

Perilaku negatif yang muncul pada remaja dipengaruhi oleh kondisi lingkungan di sekitarnya. Umumnya, remaja ini mengalami hambatan dalam menyesuaikan diri atau menemukan jati dirinya.

Tidak sedikit remaja yang mengalami rasa penasaran berlebihan terhadap suatu hal. Rasa ingin tahu mereka begitu besar untuk menjajal hal baru yang belum pernah dirasakannya. Sayangnya, rasa penasaran itu berlabuh pada hal-hal yang salah atau negatif.

Salah satu bentuk perilaku negatif yang dilakukan anak remaja adalah merokok, minum minuman keras, kecanduan narkoba hingga melakukan seks bebas. Berbagai bentuk perilaku negatif ini akan mempengaruhi perkembangan diri remaja.

Di sini, dibutuhkan peran aktif dari orang tua dan orang dewasa di sekitar para remaja yang bermasalah. Jangan anggap sepele perbuatan negatif yang hanya sekali dua kali dilakukan ini. Lama kelamaan, perbuatan negatif tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan.

Dengan alasan tersebut maka penting kiranya untuk meluruskan perbuatan-perbuatan salah itu dengan cara bimbingan konseling. Kesehatan mental bimbingan konseling bukan dimaksudkan untuk menghakimi dan menyudutkan remaja.

Meraih kembali kesehatan mental melalui bimbingan konseling bisa jadi salah satu solusi untuk permasalahan remaja ini. Mengembalikan mereka ke jalur yang benar supaya tidak kehilangan masa depannya wajib dilakukan dengan segera.

Mengembalikan Kesehatan Mental Bimbingan Konseling

Salah satu cara mengembalikan kesehatan mental bimbingan konseling yang paling direkomendasikan adalah dengan mengajak remaja ke Kampoong Hening. Di tempat ini, remaja bermasalah tadi akan dibimbing secara intensif untuk keluar dari sikap negatifnya.

Kampoong Hening adalah sebuah tempat yang didesain khusus untuk upaya penyembuhan kesehatan mental. Tempat ini menyediakan penginapan atau villa layaknya di tempat wisata. Di sini, para remaja akan dipandu untuk proses penyembuhan diri.

Proses penyembuhan diri di tempat ini dikenal dengan metode ecohealing. Dengan konsep kembali ke alam, para remaja diajak untuk menyeimbangkan jiwa dan pikiran mereka. Lingkungan yang segar dan alami adalah obat paling mujarab untuk jiwa yang kalut dan sakit.

Di tempat ini, banyak konselor berpengalaman dan terlatih yang akan membimbing remaja bermasalah. Mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental skala ringan seperti mudah panik dan cemas, akan dipandu untuk menemukan jalan sendiri menuju kesembuhan. Mereka akan didampingi sepenuhnya untuk menemukan jati dirinya kembali.

Salah satu metode yang paling sering dipergunakan untuk kesehatan mental bimbingan konseling adalah metode bercerita. Istilah umumnya adalah curhat atau curahan hati. Remaja-remaja ini akan diberikan wadah supaya mereka bisa mengeluarkan unek-unek yang mengganggu pikiran dan hatinya.

Beban yang ada di dalam hati para remaja ini akan sedikit demi sedikit terangkat. Mereka akan dibantu supaya lebih mudah mengeluarkan dan menyalurkan emosi pada jalur yang lebih baik. Mereka akan dipandu untuk memanajemen dan mengontrol hasrat dan keinginan dengan lebih terarah.

Pada akhirnya, tempat ini akan menjadi tempat yang sarat akan ilmu. Suasananya sangat sejuk menyegarkan. Tempat ini merupakan tempat yang indah untuk menyegarkan pikiran karena alam lingkungannya sangat asri. Menjaga kesehatan mental bimbingan konseling akan lebih maksimal di tempat istimewa ini.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.