Mengenal Definisi Kesehatan Mental Menurut Erich Fromm

Kesehatan mental menurut Erich Fromm adalah konsep yang banyak dipakai oleh para psikolog dan sosiolog di dunia. Pemahaman yang beliau berikan cukup mudah diterima dan dinalar. Karena itulah, ilmuwan ini menjadi panutan dalam dunia psikologi terapan.

Erich Fromm lahir di Frankfurt Jerman dan meraih gelar Ph,D di usianya yang ke 22 tahun. Pria yang satu ini sangat berbakat dan mampu menemukan hubungan antara kepribadian dan aspek sosial budaya.

Pengertian Kesehatan Mental Menurut Erich Fromm

Erich Fromm merupakan seorang anak yang terlahir dari keluarga yang kurang harmonis. Pria ini seringkali melihat kedua orangtuanya berseteru dan penuh amarah. Ayahnya selalu nampak bermuram durja, sedih dan mengalami kemurungan berkepanjangan.

Di sisi lain, ibu Fromm juga mengalami hal yang tidak jauh berbeda. Ibunya menderita depresi hebat dan penuh tekanan. Dari sini terlihat bahwa Erich Fromm tidak dilahirkan dari keluarga yang baik dan sehat. Hal ini banyak berpengaruh terhadap perkembangan kepribadiannya.

Erich Fromm tumbuh dengan kondisi yang bisa dikatakan kurang kondusif. Namun, hal ini tidak lantas membuatnya menjadi lemah dan kurang berakal. Ilmu kesehatan mental menurut Erich Fromm dilandasi oleh sebuah peristiwa yang terjadi pada saat dia berusia 12 tahun.

Pada saat itu, Fromm melihat seorang gadis cantik, muda, berbakat dan memiliki banyak kebanggaan melakukan bunuh diri. Tidak ada yang menduga bahwa gadis seberuntung itu berpikir untuk mengakhiri hidupnya yang masih panjang. Hal inilah yang membuat Fromm merenungi tentang makna dari kesehatan mental.

Pada nyatanya, tidak selalu apa yang nampak di permukaan atau yang kita tunjukkan pada orang lain adalah cerminan dari hati. Seseorang terkadang terlihat bahagia, sumringah, tanpa beban, namun ternyata dalam hatinya menyimpan luka yang sangat dalam.

Fromm menyadari hal tersebut dari kejadian bunuh diri gadis cantik sahabat keluarganya itu. Pria ini melihat bahwa kondisi sosial dan budaya berperan penting pada kesehatan mental seseorang. Ada kejadian sosial yang melatarbelakangi terjadinya sebuah keputusan ekstrem seseorang.

Cara Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Mental

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan mental seseorang. Jika dilihat dari teori kesehatan mental menurut Erich Fromm, cara menjaganya adalah dengan menemukan tempat yang lingkungan sosial dan budayanya baik.

Begitu pula sebaliknya, yaitu ketika lingkungan sosial budaya lebih cenderung negatif, maka kesehatan mental seseorang pun juga akan terpengaruh. Contohnya ketika Anda berada di lingkungan yang penghuninya mudah tersulut emosi, maka lambat laun Anda juga akan melakukan hal yang sama.

Oleh sebab itu, cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan mental seseorang adalah dengan tinggal di lingkungan yang baik. Jika saat ini Anda sedang berada dalam kondisi yang tidak baik, maka segera tinggalkan.

Temukan sebuah tempat yang mampu membawa kesehatan mental Anda kembali pulih. Anda bisa bergabung dengan program-program yang disediakan oleh Kampoong Hening. Di sini, Anda akan mendapatkan banyak stimulan baik untuk mengembalikan kesehatan mental Anda.

Jika Anda merasakan bahwa saat ini sedang mengalami gangguan kesehatan mental, jangan tunda lagi. Mudah emosi, mudah tertekan, panik berlebihan, merasa kesepian di tengah keramaian dan lain sebagainya adalah contoh gangguan kesehatan mental yang mungkin terjadi pada Anda.

Kampoong Hening menyediakan tempat dimana Anda bisa menjernihkan pikiran. Anda juga akan dipandu oleh therapis dan konselor berpengalaman supaya proses penyembuhan bisa tepat sasaran.

Seperti teori kesehatan mental menurut Erich Fromm, lingkungan sosial dan budaya penting untuk perkembangan mental yang baik. Oleh sebab itu, bersihkan gangguan kesehatan mental yang Anda alami hanya di Kampoong Hening.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.