Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan Spiritual Tetap Seimbang

Kesehatan mental dan spiritual menjadi bagian diri yang tidak nampak secara fisik. Berbeda dengan kesehatan jasmani yang bisa kita lihat secara kasat mata. Namun, dua unsur kesehatan ini tetap harus dijaga supaya kita selalu dalam kondisi bahagia menjalani hidup.

Hidup ini memang penuh tantangan, cobaan dan bahkan musibah. Satu persatu peristiwa datang dan pergi dari kehidupan kita meninggalkan kenangan yang baik dan buruk. Saat kejadian buruk menimpa, kesehatan spiritual dan mental berperan penting dalam menjaga hati dan jiwa. Karena itulah, dua kesehatan ini harus dijaga agar tetap seimbang dan selaras.

Apa itu Kesehatan Mental dan Spiritual?

Banyak yang belum memahami tentang pengertian kesehatan mental dan spiritual secara teori. Meskipun demikian, kita tetap bisa merasakan eksistensinya. Kita tetap bisa merasakan manfaat atau kegunaannya.

Kesehatan mental adalah tingkat kesejahteraan psikologis seseorang yang ditandai dengan tidak adanya gangguan kejiwaan. Seseorang bisa merasakan rasa senang, bahagia, sedih, marah, kecewa dalam tingkatan yang wajar dan tidak berlebihan.

Gangguan kesehatan mental dapat diartikan sebagai respon hati dan jiwa terhadap sebuah peristiwa secara berlebihan sehingga mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Contohnya gejala gangguan kesehatan ringan adalah mudah emosi, panik atau cemas berlebihan dan lain sebagainya.

Jika seseorang mengalami gangguan kesehatan mental, pasti akan membawa dampak buruk dalam kehidupannya sehari-hari. Dia akan mudah sekali terluka, dirundung kesedihan berkepanjangan dan sulit untuk terlepas dari sebuah peristiwa buruk. Hidupnya akan terasa sangat tidak menyenangkan.

Di sisi lain, kesehatan spiritual adalah kemampuan seseorang untuk selalu bersikap tenang, santai, tidak mudah was-was atau cemas secara berlebihan. Orang-orang dengan kesehatan spiritual yang baik tidak akan gundah dan bingung meskipun mengalami kejadian kurang mengenakkan.

Kesehatan mental dan spiritual yang baik akan menjadi senjata bagi seseorang saat dirinya jatuh dalam luka hati yang menyedihkan. Mereka mampu melawan dan cepat bangkit seterpuruk apapun kondisinya. Ini adalah hal yang penting dalam menjalani hidup.

Coba bayangkan jika Anda mengalami salah satu gangguan kesehatan mental yaitu kecemasan berlebihan. Saat mendengar kabar yang belum jelas kepastiannya, Anda tidak akan bisa tenang, bingung dan tak mampu berpikir dengan jernih. Bisa jadi, Anda bahkan akan mengambil keputusan yang keliru.

Bagaimana Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental dan Spiritual?

Mengingat pentingnya kesehatan mental dan spiritual, setiap orang pasti ingin selalu menjaganya dalam keadaan baik dan seimbang. Karena itulah, jika nampak bagi Anda terjadinya gangguan kesehatan mental ringan, segera atasi supaya hidup Anda lebih mudah.

Cara terbaik untuk mengatasi gangguan kesehatan mental ringan adalah dengan mengunjungi Kampoong Hening. Tempat ini didesain secara khusus sebagai tempat wisata alam sekaligus tempat yang akan membantu Anda mendapatkan kembali kesehatan spiritual dan mental.

Di Kampoong Hening, Anda bisa merasakan lingkungan alami yang jauh dari kebisingan dan keramaian kota. Di sini, Anda bisa menenangkan diri untuk mencapai kejernihan hati sehingga gangguan kesehatan mental Anda dapat segera teratasi.

Dibantu oleh beberapa ahli terapis dan konselor berpengalaman, setiap orang yang datang ke tempat ini akan kembali pulang dengan perasaan lega dan sehat. Dengan metode ecohealing, semua gangguan mental ringan seperti mudah cemas, sakit hati berlebihan, selalu berpikiran buruk akan tertangani dengan baik.

Semua perasaan luka dan sedih dalam diri Anda akan ditransfer menjadi energi positif tidak terbatas sehinga lahirlah manusia baru yang lebih bahagia. Semua gangguan kesehatan mental dan spiritual yang Anda alami akan diubah menjadi legacy yang bermanfaat.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.