Pentingnya Pelatihan Kecerdasan Emosional bagi Pemimpin

Menjadi seorang pemimpin dibutuhkan kecerdasan emosional yang tinggi serta kesehatan mental yang baik. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang mempersiapkan pelatihan kecerdasan emosional bagi pemimpin atau orang-orang di level supervisor.

Seorang pemimpin, bukan hanya membawahi beberapa anak buah. Mereka adalah pembawa petunjuk bagi anggotanya terkait peraturan dan konteks hubungan tertentu. Peran mereka sangat penting sehingga bisa dijadikan penentu keberhasilan sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, pemimpin dengan kecerdasan emosional tinggi adalah sosok pemimpin ideal.

 

Manfaat Pelatihan Kecerdasan Emosional bagi Pemimpin

Tujuan dari pelatihan kecerdasan emosional bagi pemimpin adalah untuk mengembangkan kemampuan sumber daya manusianya. Dengan kecerdasan emosional yang baik, seorang pemimpin akan mampu menjadi teladan yang baik untuk anak buahnya.

Mengapa kecerdasan emosional dan kesehatan mental itu sangat penting bagi seorang pemimpin? Berikut ini adalah alasannya, yaitu :

 

  1. Menjaga Keseimbangan Emosi

Pemimpin yang baik dan bijaksana adalah orang yang mampu mengendalikan dan menahan emosinya. Perlu diketahui, duduk di level pimpinan bukan hal yang mudah. Tingkat kesulitannya lebih besar dibandingkan mereka yang duduk di level karyawan.

Seiring dengan kesulitan yang muncul, pastinya banyak hal yang menguras emosi. Kemarahan, kekecewaan, putus asa adalah perasaan-perasaan yang muncul saat harus menghadapi sebuah masalah.

Oleh sebab itu, jika pemimpin tidak memiliki kecerdasan emosional yang baik, mereka hanya akan mengedepankan emosinya. Memerintah tanpa kompromi, tidak mau dikritik, sulit menerima masukan dan hal-hal negatif lainnya.

 

  1. Mempengaruhi Produktivitas

Seringnya perusahaan mengadakan pelatihan kecerdasan emosional bagi pemimpin bertujuan supaya produktivitas mereka meningkat. Pemimpin yang tenang dan bijak akan bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

Jika pemimpinnya bekerja dengan baik, maka seluruh karyawan akan terbiasa untuk bekerja dengan baik pula. Kesehatan mental akan membuat mereka fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan dan tidak terganggu memikirkan hal lainnya.

 

  1. Mempengaruhi Pengambilan Keputusan

Seorang pemimpin bertanggungjawab atas segala pengambilan keputusan dalam pekerjaan. Meskipun telah melalui diskusi dan musyawarah, namun tetap dibutuhkan peran pemimpin dalam mengambil keputusan.

Oleh sebab itu, kesehatan mental dan kecerdasan emosional pemimpin harus baik supaya tidak salah dalam memutuskan sesuatu hal. Keputusan tidak hanya berdasarkan pertimbangan keuntungan saja, namun juga harus mempertimbangkan sisi positif dan kebaikan yang bisa didapatkan.

 

  1. Meningkatkan Nilai Diri untuk Menjadi Sosok yang Diteladani

Banyak pemimpin yang hanya ditakuti oleh anak buahnya. Saat pemimpinnya tidak berada di tempat, anak buah menjadi kocar kacir dan bertindak sekehendak hati. Namun jika pemimpin hadir, mereka bersikap patuh dan taat.

Pemimpin yang hanya ditakuti seperti ini berarti dia gagal menjadi seorang pemimpin. Pemimpin yang baik adalah yang tetap dihormati ada atau tidak keberadaannya. Anak buah tetap mematuhi peraturan meskipun tidak diawasi secara langsung.

Kehadiran pemimpin seperti ini akan dirindukan oleh anak buahnya. Sikap dan karakternya banyak dicontoh dan dijadikan teladan. Mereka mampu menginspirasi anak buah, menjadi rekan dan menjadi penyemangat para karyawannya. Untuk itu dibutuhkan mental sehat dan kecerdasan emosional yang tinggi.

 

Bagi yang membutuhkan tempat pelatihan kecerdasan emosional bagi pemimpin, berkunjunglah ke Kampoong Hening. Di tempat ini disediakan berbagai macam pelatihan berbasis pelatihan lingkungan untuk meningkatkan kesehatan mental bagi seorang pemimpin.

Kampoong Hening adalah tempat yang paling sempurna untuk membentuk pemimpin tangguh, bijak dan menyenangkan. Pelatihan kecerdasan emosional bagi pemimpin di tempat ini sangat tepat sasaran. Dirangkai dengan metode terpilih dan dipandu terapis atau konselor profesional dan berpengalaman menjadi senjata utama keberhasilan pelatihan Kampoong Hening.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.