free page hit counter

Percaya Diri Mengisi Kuesioner Kecerdasan Emosional, Apa Anda Lolos?

Salah satu cara untuk mengetahui nilai kecerdasan emosional Anda adalah dengan cara mengisi kuesioner. Namun, setelah mengisi kuesioner kecerdasan emosional, apa Anda lolos dengan nilai yang memuaskan?

Kecerdasan emosional memang menjadi salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh semua manusia. Kecerdasan ini bukan kemampuan yang diwariskan oleh orang tua. Namun, eksistensi orang tua wajib ada dalam pembentukan kecerdasan emosional.

Tanda Individu yang Memiliki Kecerdasan Emosional Baik

Kecerdasan emosional bukan merupakan benda yang bisa dilihat secara langsung. Karena itulah, kecerdasan emosional hanya bisa diukur dengan cara menggunakan tes. Kecerdasan inipun juga hanya bisa dirasakan hasilnya melalui tindakan atau perbuatan.

Bagi Anda yang mengikuti atau mengisi kuesioner kecerdasan emosional, apa Anda lolos dengan nilai yang baik? Berikut ini adalah tanda-tandanya Anda memiliki kecerdasan emosional tinggi yang bisa dilihat dari hasil tes dan juga karakter, yaitu :

  1. Mempunyai Perbendaharaan Kata Emosional yang Kuat

Orang dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki banyak sekali kosakata yang bisa mewakili perasaannya. Hal ini disebabkan karena mereka mampu mengidentifikasi setiap emosi yang berbeda dalam dirinya. Mereka bisa membedakan mana rasa sedih, duka, sakit atau tertekan.

  1. Tahu Kelemahan dan Kelebihan Diri Sendiri

Poin yang paling banyak ditekankan dalam sebuah tes kecerdasan emosional umumnya adalah pengenalan diri sendiri. Anda akan diminta mendeskripsikan apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan diri Anda. Jika bisa menjawabnya dengan baik, dipastikan nilai tes Anda akan tinggi.

  1. Berani Berkata Tidak dan Tahu Cara Mengucapkannya dengan Baik

Budaya sungkan masih cukup berpengaruh dalam karakter orang Indonesia. Namun, individu dengan kecerdasan emosional tinggi tidak lagi bergantung pada budaya ini. Mereka tetap bisa menolak dan berkata tidak jika tidak sesuai dengan nuraninya. Mereka juga mampu memilih kosakata yang baik supaya tidak melukai perasaan orang lain.

  1. Memiliki Empati dan Bisa Menjadi Pendengar yang Baik

Hal yang terpenting dalam menjalin hubungan dengan orang lain adalah kemampuan diri dalam merasakan empati. Jika Anda bisa menjadi pendengar yang baik, bisa mengerti perasaan yang dialami orang lain, bisa jadi Anda adalah orang dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi.

  1. Bukan Pemarah dan Orang yang Mudah Tersinggung

Banyak peristiwa yang terjadi dalam hidup kita yang tidak sesuai dengan keinginan atau harapan. Marah atau kecewa adalah perasaan yang lumrah ketika peristiwa negatif itu terjadi.

Namun, orang yang cerdas emosionalnya tidak membiarkan amarah menguasai dirinya. Mereka mampu mengendalikan diri dan tidak mudah menjadi tersinggung, apalagi membawa amarah sampai berkepanjangan.

  1. Tidak Takut atau Khawatir akan Perubahan

Hidup ini dinamis, selalu bergerak dan berubah-ubah. Kita tidak selalu berada dalam kondisi yang sama. Terkadang bisa naik dan bisa turun. Kecerdasan emosional membantu kita untuk bisa menghadapi perubahan dengan baik. Karenanya, kita tidak perlu khawatir akan terjadinya perubahan.

Mendapatkan nilai yang baik dalam tes kecerdasan emosional memang hal yang sangat didambakan. Namun, lebih baiknya lagi jika kemampuan dan kecerdasan emosional ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk bisa menerapkannya dalam kehidupan Anda, dibutuhkan pelatihan yang tepat sasaran. Pelatihan yang akan membantu Anda cara-cara menerapkan nilai-nilai kecerdasan emosional dengan baik. Tempat yang sangat tepat untuk hal ini adalah pelatihan di Kampoong Hening.

Kampoong Hening juga mengadakan tes atau kuesioner kecerdasan emosional bagi peserta pelatihannya. Setelah itu, Anda akan dibimbing secara intensif untuk menyelami semua ilmu dan praktek nilai-nilai kecerdasan emosional. Hasilnya, Anda akan menjadi manusia baru dengan kecerdasan emosional tinggi dan memiliki karakter baik dari sebelumnya.

Scroll to Top