Perilaku Sukses dan Contoh Kecerdasan Emosional pada Kehidupan Sehari-hari

Membuat hidup jadi bahagia bukan peran dari kecerdasan intelektual, melainkan karena tingginya kecerdasan emosional seorang individu. Mereka sangat mengerti bagaimana menerapkan contoh kecerdasan emosional pada kehidupan sehari-hari.

Orang-orang dengan kecerdasan emosional tinggi bahkan bisa hidup lebih bahagia dibandingkan dengan orang yang intelektualnya bagus. Bahkan, kesuksesan lebih banyak menghampiri orang-orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi meskipun kemampuan intelektualnya biasa-biasa saja.

 

Contoh Kecerdasan Emosional pada Kehidupan Sehari-hari untuk Ditiru

Dalam sebuah buku berjudul Emotional Intelligence 2.0, sang penulis Dr Travis Bradberry menyatakan bahwa kecerdasan emosional seseorang memberi pengaruh pada banyak hal. Diantaranya adalah perilaku, kemampuan pengambilan keputusan hingga kehidupan sosialnya.

Berikut ini adalah contoh kecerdasan emosional pada kehidupan sehari-hari yang bisa Anda tiru dan pelajari. Diantaranya adalah :

  1. Selalu Berpikir Positif

Banyaknya permasalahan dalam hidup bukan hal yang harus ditangisi berkepanjangan. Ada masanya kita bersedih ataupun kecewa akan hal-hal negatif yang terjadi. Ada saatnya kita terluka atau mengalami kegagalan.

Namun, individu dengan kecerdasan emosional tinggi mampu mengambil hikmah dan sisi positif dari setiap kejadian. Mereka tidak tenggelam dalam kubangan prasangka buruk yang akhirnya membahayakan diri sendiri.

 

  1. Mampu Memahami Perasaan Diri Sendiri

Tidak semua kejadian buruk dilabeli dengan perasaan sedih. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi bisa membeda-bedakan perasaan yang dialaminya. Mereka bisa merasakan sedih, kecewa, berharap, terluka, prihatin, pilu atau gundah.

 

  1. Mampu Bersikap Asertif dalam Berkomunikasi

Asertif adalah salah satu sikap yang bisa membawa kesuksesan dan contoh kecerdasan emosional pada kehidupan sehari-hari yang wajib ditiru. Asertif adalah kemampuan diri untuk menyampaikan atau menjalin komunikasi dengan sikap dan cara yang baik.

Tidak semua orang bisa asertif dalam berkomunikasi. Ada orang yang suka berbicara dan tidak mau mendengar opini lawan bicaranya. Ada orang yang selalu mengunggulkan dirinya sendiri sehingga lawan bicaranya merasa rendah diri. Sikap ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan individu sebagai makhluk sosial.

 

  1. Berempati terhadap Orang Lain

Empati adalah merasakan emosi yang sama dengan orang lain meskipun tidak mengalami kejadian yang sama. Perasaan ini muncul pada orang-orang dengan kecerdasan emosional tinggi. Mereka ingin tahu dan penasaran terhadap perasaan orang lain sehingga timbullah rasa empati.

 

  1. Mampu Memaafkan Orang Lain

Contoh kecerdasan emosional pada kehidupan sehari-hari yang paling wajib ditiru adalah mampu memaafkan orang lain. Kesalahan bisa saja terjadi pada siapapun termasuk diri Anda sendiri. Oleh sebab itu, orang dengan kecerdasan emosional tinggi pasti akan terenyuh jika orang lain meminta maaf dengan sangat tulus.

 

  1. Tidak Mudah Terganggu Opini Orang Lain

Sikap lain yang menjadi ciri individu dengan kecerdasan emosional tinggi adalah tidak terlalu menggubris cibiran orang lain. Mereka memfokuskan diri pada kebahagiaan dirinya dari pada sibuk memikirkan opini orang lain.

 

  1. Tidak Mudah Marah dan Rasional

Contoh lain yang juga wajib ditiru adalah sifat tidak mudah marah dan selalu berpikir rasional. Dengan kemampuan ini, seorang individu dijamin akan selalu sukses dan bahagia dalam hidupnya.

 

Bagi Anda yang sekarang ini berkendala atau sulit memenuhi salah satu sikap di atas, segera konsultasikan dengan Tim Kampoong Hening. Satu sikap saja yang Anda lewatkan berarti Anda sedang menghadapi penurunan kesehatan mental dan kecerdasan emosional.

Solusi terbaiknya adalah dengan melakukan terapi di tempat ini untuk mengembalikan keseimbangan tubuh dan pikiran dengan bantuan alam. Terapis dan konselor di Kampoong Healing siap membantu dan menjernihkan hati dan pikiran Anda.

Contoh kecerdasan emosional pada kehidupan sehari-hari di atas adalah contoh nyata cara untuk menjalani hidup sukses dan bahagia. Kampoong Hening akan mengubah hal negatif dalam hidup menjadi sebuah energi positif tak terbatas.

Scroll to Top