Pertolongan Pertama untuk Layanan Kesehatan Mental di Indonesia

Kesehatan mental atau kejiwaan memang belum menjadi prioritas utama di negara kita. Karenanya, tidak banyak layanan kesehatan mental di Indonesia. Meskipun demikian, masalah ini menjadi perihal yang cukup serius dewasa ini. Banyak masyarakat yang mulai mengalami gangguan kesehatan mental walaupun dalam skala ringan.

Oleh sebab itu, tempat-tempat yang melayani dan mengutamakan penyembuhan gangguan kesehatan mental mutlak diperlukan. Setidaknya, sebagai tempat pertolongan pertama supaya gangguan kejiwaan ini segera teratasi.

3 Tempat Layanan Kesehatan Mental di Indonesia

Pemerintah pernah menyediakan sebuah layanan call center 500-454 sebagai tempat pengaduan pencegahan bunuh diri. Namun, karena semakin berkurangnya penelpon setiap tahunnya, layanan ini dihentikan sampai waktu yang tidak ditentukan.

Hal ini patut disayangkan. Terlebih lagi di tengah kondisi yang serba sulit seperti ini, layanan kesehatan mental di Indonesia harusnya lebih digalakkan. Pandemi karena covid-19 yang belum diketahui ujungnya membuat kehidupan masyarakat semakin sulit. Banyak dari mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental ringan yang tidak disadari.

Berbagai macam masalah psikologis seperti gangguan pengendalian emosi, depresi, stress, dan tingkat kecemasan tinggi kini semakin sering terjadi. Ujungnya, upaya melukai diri sendiri hingga bunuh diri adalah klimaks dari permasalahan kejiwaan ini.

Oleh sebab itu, penting kiranya bagi Anda mengetahui keberadaan layanan kesehatan mental di Indonesia. Selain sebagai tempat untuk melakukan pertolongan pertama, tempat ini juga akan membantu penderita gangguan kesehatan mental mengembalikan kondisi mereka.

Berikut ini adalah tempat-tempat yang menyediakan layanan konsultasi dan terapi untuk kesehatan mental, yaitu :

  1. Puskesmas

Puskesmas atau Pusat Kesehatan Masyarakat adalah tempat pertama yang bisa Anda tuju saat membutuhkan bantuan medis. Umumnya, kebanyakan tempat ini memang melayani kesehatan fisik. Namun berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sudah ada sekitar 3000 Puskesmas di Indonesia yang menyediakan layanan kesehatan kejiwaan.

Di Puskesmas, pasien bisa menemui seorang Psikolog dan berkonsultasi terkait gangguan kesehatan mental yang dirasakannya. Konsultasi merupakan cara paling dasar yang dipergunakan untuk menganalisa level kesehatan mental seseorang.

  1. Rumah Sakit

Di kota-kota yang Puskesmasnya tidak menyediakan layanan kesehatan mental, tempat yang paling direkomendasikan selanjutnya adalah rumah sakit. Sekarang ini, hampir setiap rumah sakit sudah dilengkapi fasilitas kesehatan kejiwaan baik rumah sakit negeri ataupun rumah sakit swasta.

Jumlah layanan kesehatan jiwa di rumah sakit mencapai 2 persen dari total rumah sakit di Indonesia. Jika gangguan kejiwaannya dirasa lebih berat, tersedia pula lebih dari 30 rumah sakit jiwa untuk layanan kesehatan mental di Indonesia.

  1. Jasa Layanan Kesehatan Mental Swasta

Selain Puskesmas dan Rumah Sakit, tersedia pula jasa layanan kesehatan metal yang didirikan secara mandiri oleh pihak swasta. Salah satu contohnya adalah Kampoong Hening. Tempat ini memang tidak didesain seperti rumah sakit mental pada umumnya.Kampoong Hening diciptakan khusus bagi Anda yang sekarang ini sedang mengalami masalah berat dalam hidup. Berbagai macam tekanan mental seperti kegagalan dalam pekerjaan, rumah tangga, kesulitan membesarkan anak dan lain sebagainya.

Di tempat ini, Anda akan bertemu dengan ahli terapis dan konselor hebat yang akan membantu membangun dan menguatkan mental Anda seperti semula. Mereka dapat berperan menjadi pendengar sekaligus motivator pendongkrak semangat hidup Anda.

Kampoong Hening adalah salah satu jasa layanan kesehatan mental di Indonesia. Di sini, Anda akan mendapatkan ilmu sekaligus pengobatan bagaimana mengubah sesuatu hal negatif dalam hidup menjadi sumber energi positif. Rasakan pengalaman hidup yang baru dan lebih bermakna dengan ecohealing Kampoong Hening.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.