Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Psikologi Industri dan Organisasi sebagai Jembatan untuk Meraih Kesuksesan Karier

Psikologi Industri dan Organisasi atau biasa disebut PIO adalah salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari tentang hubungan serta dampak dari individu pada sebuah kelompok atau organisasi, dan sebaliknya.

Namun, tak hanya membahas tentang hubungan dan dampak saja, PIO juga bisa untuk menganalisis pola, struktur, dan jenis dari sebuah kelompok atau organisasi, yang dapat mempengaruhi anggota atau tenaga kerjanya.

Dengan penjelasan demikian, Anda pasti sudah bisa mendapatkan gambaran bahwa PIO tentu memiliki manfaat besar untuk Anda dalam berhubungan sosial di masyarakat, terlebih juga dalam karier, bukan?

Nah, dalam artikel ini, Anda akan diberikan penjelasan tentang manfaat apa saja yang akan Anda dan organisasi dapatkan dari mengenal dan memahami apa itu PIO, serta bagaimana cara memanfaatkannya sebagai jembatan dengan diri Anda dalam menggapai kesuksesan hidup berkarier di dunia kerja.

Psikologi Industri dan Organisasi: Membantu Organisasi untuk Mencapai Tujuan

Psikologi Organisasi
Austin Distel | Unsplash

Setiap organisasi, baik itu skala kelompok belajar, komunitas sosial, industri kecil sampai menengah, maupun sebuah perusahaan besar, pasti memiliki goal atau tujuan besar yang ingin diraih. Tujuan itu biasanya dijabarkan dalam visi misi yang jelas, dan menjadi pegangan utama organisasi dalam menjalankan aktivitasnya.

Menggerakkan sebuah organisasi adalah tugas wajib bagi setiap individu atau anggota di dalamnya. Keberhasilan visi misi dan tercapainya tujuan sebuah organisasi juga tak lepas dari peran orang-orang di dalamnya.

Itulah mengapa, PIO merupakan hal penting yang wajib ada dan dipahami fungsinya di dalam sebuah organisasi. Untuk mencapai tujuan dalam kelompok atau komunitas yang saat ini Anda ada di dalamnya, PIO dapat menjadi jembatan positif antara Anda dengan kelompok.

Yaitu, bahwa PIO dapat membantu dalam peran peningkatan kualitas SDM dalam sebuah organisasi. Biasanya, semua dimulai dari perekrutan orang-orang yang benar-benar ahli atau dibutuhkan di organisasi tersebut.

Setelahnya, orang-orang tersebut akan ditempatkan sesuai dengan bidang yang mereka kuasai. Peningkatan kualitas SDM yang telah masuk menjadi bagian organisasi ini adalah dengan melakukan training, refreshing, serta evaluasi kerja.

PIO sangat dibutuhkan untuk menganalisis, apakah program-program peningkatan kualitas SDM demi mewujudkan tujuan organisasi itu telah berjalan dengan baik atau belum.

Psikologi Industri dan Organisasi: Sebagai Jembatan Individu dalam Organisasi untuk Sukses di Dunia Karier

psikologi industri
Green Chameleon | Unsplash

Nah, untuk manfaat yang ini sepertinya bisa dikorelasikan dengan Anda yang berada di sebuah kantor, industri, atau perusahaan, sebagai salah satu karyawan di dalamnya.

Kesuksesan dalam berkarier tentunya adalah impian setiap individu yang masuk di dunia kerja. Tak hanya memiliki peran untuk ikut menyukseskan keberhasilan dari sebuah organisasi dalam mencapai tujuan, tapi dalam dunia kerja, setiap individu dalam organisasi juga berhak mendapatkan kesuksesan karier bagi dirinya sendiri.

PIO bagi setiap individu dalam organisasi dapat memberikan manfaat untuk pengembangan karakter dan memotivasi agar menjadi lebih baik secara kualitas kerja dan pengembangan diri.

Itu tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang saat ini tengah merintis karier dalam dunia kerja di lingkungan organisasi seperti industri atau perusahaan skala besar.

Psikologi Industri dan Organisasi: Dalam Upaya Peningkatan Produktivitas Kerja Organisasi dan Individu

PIO sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas kerja dari tiap individu di dalam sebuah organisasi, baik skala kecil, menengah, maupun besar.

Tanpa adanya peningkatan produktivitas kerja dari para anggota, sebuah organisasi akan mengalami stagnasi, dan yang lebih parah adalah kemunduran hingga ancaman hancur karena tak ada gerakan dalam mewujudkan tujuan untuk bisa bergerak lebih maju ke depan.

Peningkatan produktivitas kerja individu sangat erat kaitannya dengan meningkatnya produktivitas suatu organisasi. Keterkaitan yang erat dan tak dapat dipisahkan itulah yang kemudian harus diseimbangkan dengan PIO.

Maka, peran PIO di sini adalah untuk menganalisis masalah, mengevaluasi, dan mencari jalan keluar hal-hal yang berkaitan dengan produktivitas kerja individu dalam suatu organisasi.

Psikologi Industri dan Organisasi: Untuk Mencari dan Menghasilkan Bibit Unggul

Proses rekrutmen dalam sebuah organisasi, baik skala komunitas sosial maupun dunia kerja, memerlukan PIO dalam rangka perekrutan calon anggota di dalamnya. Mereka ini nanti yang akan menggerakkan organisasi tersebut agar bisa mencapai tujuan bersama.

Maka, perekrutan atau pengambilan anggota yang akan bergabung memang baiknya dilakukan dengan serius dan tak main-main. Perlu adanya seleksi ketat, berdasarkan kemampuan dan bidang mana yang layak untuk ditempati oleh masing-masing anggota.

Hal tersebut penting, karena meletakkan seseorang di bidang yang sesuai dengan kemampuannya akan dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas kerja dari anggota suatu organisasi, dan hal itu dapat memberikan efek positif bagi meningkatnya produktivitas organisasi tersebut.

Pengambilan bibit unggul untuk bergabung dalam suatu organisasi, seharusnya memang selalu diikuti dengan proses pemberdayaan agar nantinya mereka bisa menjadi individu yang jauh lebih baik dan mampu mendukung organisasi agar lebih berkualitas. Di sinilah peran PIO akan dibutuhkan lebih besar.

Psikologi Industri dan Organisasi: Untuk Mengenali Diri dan Posisi Anda di Sebuah Komunitas Masyarakat

Tak hanya berkutat pada organisasi karier saja, PIO dapat memberikan manfaat besar pada Anda dalam lingkup hubungan sosial di komunitas masyarakat.

Dengan mengenal karakter diri Anda dan mampu membangun jembatan dengan lingkungan tempat Anda berada, maka tak akan ada kesulitan bagi Anda untuk bergaul dan mengembangkan diri di dalam komunitas masyarakat tersebut.

Psikologi Industri dan Organisasi: Meningkatkan Komitmen Kerja Individu terhadap Organisasi

Komitmen kerja sangat penting ada dalam setiap individu yang tergantung dalam sebuah organisasi. Tanpa adanya komitmen dalam setiap diri anggota di suatu organisasi, maka perjalanan organisasi tersebut akan tersendat-sendat.

PIO erat kaitannya dengan analisis, evaluasi, dan peningkatan komitmen kerja dalam sebuah organisasi. Setiap individu dapat mengetahui sudah sejauh mana mereka mampu terus memantapkan diri dalam bergabung, dan terus berusaha memperbaiki kualitas kerja, serta kemauan untuk terus bergerak, dalam sebuah organisasi, demi mewujudkan tujuan bersama.

Anda yang berada di dalam sebuah organisasi karier, sangat penting dalam memiliki komitmen kerja pada atasan dan organisasi tempat Anda bernaung, karena bisa juga mendorong diri Anda untuk terus memperbaiki kualitas kerja dan nantinya akan meningkatkan kemampuan Anda sendiri di bidang yang Anda geluti saat ini.

Nah, itulah 6 manfaat besar adanya Psikologi Industri dan Organisasi, salah satu cabang ilmu psikologi, dalam dunia karier ataupun bermasyarakat, untuk Anda maupun organisasi tempat Anda bernaung saat ini.

Manfaat-manfaat tersebut akan dapat maksimal Anda maupun organisasi Anda dapatkan, jika dalam pelaksanaannya, PIO benar-benar digunakan sebagaimana mestinya di beberapa bidang yang terkait. Baik untuk menganalisis, mengevaluasi, maupun dalam rangka memberikan sebuah pelatihan atau training peningkatan kualitas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top