Solusi Permasalahan Kesehatan Mental Gangguan Tidur

Ada kalanya Anda merasa kesulitan tidur hingga tengah malam karena satu dan lain kondisi. Namun, jika keadaan ini berlarut-larut, itu tandanya Anda sedang mengalami kondisi kesehatan mental gangguan tidur.

Anda harus mulai mewaspadai hal seperti ini dan tidak boleh dianggap remeh. Gangguan tidur yang Anda alami tidak lagi hanya sekali dua kali, namun terus berlanjut hingga beberapa lamanya. Jam tidur jadi tidak teratur, bangun dengan rasa lelah yang amat sangat hingga terganggunya aktivitas harian. Hal ini harus segera dicarikan solusinya.

 

Mengobati Kesehatan Mental Gangguan Tidur

Masalah kesehatan mental gangguan tidur mungkin tidak disadari oleh orang yang mengalaminya. Awalnya, siapapun pasti akan merasa wajar-wajar saja kesulitan tidur sesekali dalam waktu istirahatnya.

Namun jika kesulitan atau gangguan tidur ini berlangsung lama, pasti akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk diri sendiri. Rasa letih, lemah, tubuh nampak loyo dan lain sebagainya. Semua kegiatan Anda akan banyak terganggu jika tubuh kurang istirahat.

Ada beberapa jenis gangguan tidur yang bisa Anda pelajari, yaitu :

  • Insomnia yaitu gangguan tidur dimana penderitanya merasa kesulitan sekali untuk tertidur dengan pulas. Kesulitannya tidak hanya untuk jatuh tertidur saja, bahkan ketika sudah tidur, dia tidak bisa pulas. Beberapa kali harus terbagun di tengah tidurnya.
  • Ada pula yang masih terasa lelah dan letih meskipun sudah diupayakan untuk tidur selelap mungkin. Namun, orang-orang ini sama sekali tidak bisa terlelap seakan banyak beban pikiran di dalam kepalanya.
  • Hypersomnia, yaitu gangguan tidur dimana pasien tertidur dalam waktu yang sangat berlebihan. Batas normal seseorang tertidur atau istirahat saat malam hari adalah kurang lebih 7-8 jam. Namun, penderita hypersomia bisa tidur hingga 20 jam. Ini adalah sebentuk masalah kesehatan mental gangguan tidur.

Penderita gangguan tidur hypersomnia akan selalu merasa kurang tidur sebanyak apapun mereka telah menghabiskan waktu untuk tidur. Mereka cenderung merasa cepat, kurang bersemangat, lesu dan gejala lain semacamnya.

Ada banyak penyebab terjadinya gangguan tidur pada seseorang. Mengonsumsi kafein dalam jumlah yang tidak bisa ditolerir oleh tubuh atau karena bekerja terlalu berat adalah salah satu contoh dari penyebab gangguan tidur.

Hubungan gangguan tidur rupanya cukup erat dengan kondisi kejiwaan seseorang. Gangguan tidur ini akan berimbas pada gangguan kesehatan fisik hingga mental seseorang. Mereka akan mudah bergontai-ganti suasana hati atau yang disebut dengan mood swing.

Lambat laun, kondisi seperti ini akan berpengaruh pada hal-hal lainnya. Kinerja jadi menurun, kurang bisa fokus dan maksimal dalam melakukan aktivitas hingga permasalahan gangguan kesehatan fisik yang jelas terjadi.

Untuk itu, orang-orang yang mengalami gangguan tidur membutuhkan penanganan yang tepat. Tidur adalah kebutuhan penting supaya tubuh bisa kembali segar dan fit untuk melakukan aktivitas esok hari. Saat kurang istirahat, tentunya tubuh juga akan mengalami gangguan.

Solusi untuk mengatasi gangguan kesehatan mental gangguan tidur adalah dengan berkonsultasi dengan ahlinya. Anda bisa menemukan ahli terapis dan konselor yang tepat di sebuah tempat bernama Kampoong Hening.

Di tempat ini, para penderita gangguan tidur tersebut akan diterapy dengan metode ecohealing. Mencari penyebab, asal usul dan alasan mengapa kondisi seperti ini bisa terjadi. Terapi ini akan membantu Anda menemukan sumber masalahnya untuk kemudian dicarikan solusi terbaiknya.

Jangan hanya mengandalkan obat tidur untuk mengatasi gangguan tidur yang dialami. Ketergantungan pada obat tidak menjawab permasalahan Anda, justru akan semakin terjatuh pada ketergantungan. Percayakan masalah kesehatan mental gangguan tidur ini pada terapis dan konselor Kampoong Hening. Anda dijamin pasti lepas dari hal buruk ini.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.