Beban Emosional Seorang Anak Sulung

Cerita Anak Sulung

Summary

Sebagai anak sulung saya terbiasa untuk mengalah terutama mengalah untuk meringankan beban adik saya. Bersyukur saya masih bisa banyak membantu meski terkadang saya juga merasa sedih karena harus mengurungkan harapan-harapan saya demi saudara

Tak Selamanya Beban Adik Harus Menjadi Tanggungan Anak Sulung

Ini sering kali terjadi pada hampir setiap anak sulung. Sebab sebagai anak paling tua ia juga memegang tanggung jawab terhadap adiknya. Namun, tak selamanya beban adik harus menjadi tanggungan anak sulung. Seiring bertambahnya usia, mereka perlu untuk mandiri, memegang tanggung jawabnya sendiri hingga menopang beban mereka sendiri.

Terapi yang Diberikan

Saran: Setiap Manusia harus berjuang dan Bertanggungjawab pada diri sendiri. Relakan, dan lepaskan beban sebagai Anak sulung. Terlalu membebani pikiran dengan tanggungjawab dapat menyebabkan luka batin. Biarkan adik Anda menopang beban mereka sendiri.

Beban Anak Sulung Dapat Menjadi Luka Batin Yang Bisa Mengganggu Kesehatan Mental

Tak ada salahnya jikalau si anak sulung tetap membantu untuk ringankan beban adik atau bahkan saling membantu satu sama lain namun juga harus tetap pikirkan beban yang ada pada diri sendiri dan tidak bertindak denial agar tak menimbulkan kekecewaan serta mengganggu kesehatan mentalnya sendiri.

Dalam keluarga, orang tua biasanya menyuruh anak yang lebih tua untuk menjaga atau merawat adik-adiknya. Tanpa sadar hal ini dapat terbawa hingga dewasa, sebagai anak sulung terkadang merasa masih memiliki tanggung jawab kepada adiknya bahkan seringkali banyak mengalah untuk kebaikan saudaranya.

Namun bagi setiap orang mengalah yang berlebihan juga tak baik sebab setiap orang juga memiliki hak, kewajiban dan prioritasnya masing-masing. Meski berperan sebagai kakak, ada baiknya jika memberi arahan serta mengedukasi agar tak terus-menerus menjadi tanggung jawab sang kakak sepenuhnya dan tak membuat sang adik menjadi ketergantungan pada kakaknya. Atau bisa bergantian untuk saling bantu.

Mulai sadari hal serupa pada keluarga agar tak terus menerus terjadi hingga menimbulkan luka batin dan mengganggu kesehatan mental.

Setiap Manusia Harus Mandiri

Sebagai anak sulung yang masih bertanggung jawab pada adik-adiknya, patut diapresiasi karena masih mau banyak membantu adiknya. Meski begitu, anak sulung juga harus tetap mengedukasi serta membimbing adiknya agar dapat terbiasa hidup mandiri. Dan menyadari bahwa tanggung jawab terhadap adik sudah bisa dilonggarkan karena mereka sudah dewasa. Karena jika tak membiasakan diri untuk hidup mandiri akan membuat sang adik kesulitan melewati setiap tempaan kehidupan

Case Studies Detail

Masalah : Merasa terbebani sebagai Anak Sulung
Result: Treatment Berhasil

Brosur Kampoong Hening

Ingin tahu lebih mendalam mengenai Kampoong Hening dan fitur yang Ada di Dalamnya? Download Brosur Kami. Gratis

Bagikan Jika Kamu Sependapat

Merasakan hal yang sama? Sependapat?Bagikan jika kamu peduli.

Memiliki Masalah yang Sama? Bebaskan Anda dari Luka Batin. Hubungi Kami untuk Konsultasi

08117900777

Call/WhatsApp

Tidak ada produk di keranjang.