Tingkat Stress Tinggi? Inilah Fakta Kesehatan Mental di Indonesia!

Jangan hanya mengukur kesehatan seseorang hanya dari fisiknya saja, namun juga dari kesehatan mentalnya. Tingginya tingkat stress atau depresi adalah fakta kesehatan mental di Indonesia.

Masyarakat negara ini banyak mengalami masalah atau gangguan kesehatan mental ringan seperti stress dan depresi, terutama pada generasi muda. Mereka sangat mudah sekali terkena gangguan mental ringan. Mengapa demikian? Mari kita lihat faktanya.

Rawan Stress adalah Fakta Kesehatan Mental di Indonesia

Seringkali, kesehatan mental tidak dianggap penting dan dinomorduakan oleh masyarakat. Kesehatan mental justru sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Banyak penyakit fisik yang timbul karena kesehatan mental yang terganggu atau kurang baik.

Usia muda merupakan salah satu rentang waktu yang cukup signifikan dimana seseorang mengalami banyak perubahan psikologis, emosional dan finansial. Berbagai tuntutan seperti menyelesaikan kuliah, mencari pekerjaan, bermasalah dengan pasangan dan lain sebagainya.

Hal-hal seperti ini sangat mempengaruhi kondisi psikis seseorang. Ditambah lagi kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat kehidupan semakin mudah sekaligus sulit. Mudah karena segala hal menjadi lebih lancar, namun juga sulit karena menimbulkan efek candu.

Berikut ini adalah fakta kesehatan mental di Indonesia yaitu :

  • Menurut data yang dikeluarkan oleh WHO, banyak anak muda di dunia ini termasuk Indonesia yang mengalami gangguan kesehatan mental. Tidak hanya itu saja, kasusnya bahkan berlanjut pada bunuh diri saat kondisi ini tidak tertangani.
  • Generasi muda yang dilaporkan adalah yang berusia sekitar 15 sampai dengan 29 tahun. Ini adalah masa emas dalam kehidupan mereka. Namun karena gangguan kesehatan mental ringan, mereka tak mampu mengatasi permasalahan dalam hidupnya.
  • Menurut data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2018, prosentase remaja berusia 15 tahun yang mengalami gangguan kesehatan mental adalah 9,8%. Jumlah ini meningkat dari tahun 2013 yang hanya 6% saja.

 

Kedua fakta kesehatan mental di Indonesia ini menunjukkan bahwa generasi muda sekarang ini sangat rawan sekali terganggu kesehatan mentalnya. Mereka rentan terkena depresi, gangguan bipolar, alkoholisme, skizofrenia, hingga gangguan obsesif kompulsif.

Pada kenyataannya, generasi muda yang rentan terkena gangguan kesehatan mental adalah mereka yang hidup di daerah perkotaan. Para remaja ini mengalami dan merasakan beban hidup yang jauh lebih berat dibandingkan dengan mereka yang hidup di desa.

Salah satu fakta kesehatan mental di Indonesia adalah karena tinggi dan pesatnya pertumbuhan di perkotaan. Generasi muda dituntut untuk mengikuti dan menjadi penyumbang terhadap pertumbuhan tersebut. Hal inilah yang menjadikan beban mereka semakin berat.

Namun kondisi seperti ini sebenarnya bisa dihindari. Ada upaya yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan generasi muda dari gangguan kesehatan mental lebih berat. Salah satunya adalah menghadirkan nuansa baru yang mampu menjernihkan hati dan pikiran mereka.

Bagi Anda yang sekarang ini sedang merasakan gangguan kesehatan mental ringan, jangan anggap sepele hal ini. Susah tidur, sering cemas, sering tidak enak hati, pikiran yang selalu merasa terbebani adalah salah satu contoh gangguan kesehatan ringan.

Karena itu, segera sembuhkan dengan ecoterapy yang dipersembahkan oleh Kampoong Hening. Terapi ini adalah cara yang paling baik untuk meredakan gangguan kesehatan mental yang Anda rasakan.

Di tempat ini, Anda akan menemukan hal baru yang akan merefresh hati dan pikiran. Membuang hal-hal buruk dan negatif yang Anda rasakan serta mengubahnya menjadi sebuah energi positif yang membuat Anda lebih baik.

Meskipun fakta kesehatan mental di Indonesia cukup mengkhawatirkan, namun hal ini bisa dicegah. Mulailah dari diri sendiri dan lingkungan di sekitar Anda. Hidup sehat baik secara fisik ataupun mental.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.