Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

Tips Memunculkan Kecerdasan Emosional Karyawan terhadap Produktivitas

Bagaimana cara yang efektif untuk memunculkan kecerdasan emosional karyawan terhadap produktivitas? Produktivitas adalah hal yang dianggap penting dan urgent oleh sebagian besar perusahaan.

Produktivitas menjadi tolak ukur kemampuan dan kinerja seorang karyawan. Kini, perusahaan sudah banyak yang menyadari bahwa ada hubungan erat antara kecerdasan emosional dengan kinerja atau produktivitas karyawan. Oleh sebab itu, mereka melakukan berbagai macam upaya supaya kecerdasan karyawannya dapat terasah dan terbentuk dengan baik.

Cara Memunculkan Kecerdasan Emosional Karyawan terhadap Produktivitas

Kecerdasan emosional adalah bagian penting dalam individu dan menjadi softskill yang dapat diasah. Kecerdasan ini juga mempengaruhi kecerdasan intelektual dan interpersonal secara sekaligus.

Kecerdasan emosional juga menjadi bagian yang penting dalam kinerja dan produktivitas karyawan. Karyawan yang mempunyai nilai tinggi dalam kecerdasan emosionalnya cenderung memiliki kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan dengan yang rendah. Produktivitas mereka lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan dengan kecerdasan emosional kurang.

Itulah mengapa banyak perusahaan yang berbondong-bondong melakukan upaya peningkatan kecerdasan emosional. Mereka melakukan banyak cara mulai dari pendekatan psikologis hingga pelatihan.

Berikut ini adalah upaya-upaya memunculkan kecerdasan emosional karyawan terhadap produktivitas yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Memilih Pemimpin yang Tepat

Cara yang paling tepat untuk mengasah kecerdasan emosional karyawan adalah dengan memberikan role model yang tepat untuk ditiru. Setidaknya, Anda harus memilih pemimpin dengan kecerdasan emosional tinggi.

Pemimpin yang tepat akan membawa anak buahnya pada kesuksesan. Mereka akan mengupayakan semua anak buahnya memiliki kecerdasan emosional yang baik. Pemimpin yang baik akan menjadi penyemangat dan motivator yang tepat.

  1. Lakukan Pendekatan Psikologis

Jika diperlukan, pendekatan psikologis adalah cara yang tepat untuk memunculkan dan meningkatkan kecerdasan emosional karyawan. Pendekatan ini dilakukan dengan intens dan melihat kedalam jiwa dan perasaan karyawan yang bersangkutan.

Pendekatan psikologis biasanya dilakukan oleh tenaga yang telah terlatih seperti konselor atau terapis. Melalui tenaga terlatih ini, besar kemungkinannya bagi seorang individu mengasah kecerdasan emosionalnya.

  1. Perbanyak Komunikasi

Produktivitas karyawan adalah hal menjadi fokus utama perusahaan. Rata-rata, perusahaan hanya akan memilih karyawan dengan produktivitas tinggi untuk dijadikan karyawan terbaik mereka.

Anda bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan karyawan. Ajak karyawan untuk berdiskusi tentang semua permasalahan yang dihadapi dalam perusahaan. Komunikasi yang baik harus berjalan dua arah. Keduanya saling mengisi dan melengkapi.

  1. Lakukan Pelatihan

Upaya terakhir untuk meningkatkan kecerdasan emosional karyawan adalah dengan mengajak mereka menghadiri pelatihan kesehatan mental. Pelatihan ini ditujukan secara khusus untuk memunculkan dan meningkatkan kecerdasan emosional dalam diri karyawan.

Tempat yang paling tepat untuk mengadakan pelatihan kecerdasan emosional karyawan adalah di Kampoong Hening. Tempat ini didesain khusus untuk keperluan seperti ini yaitu pelatihan tentang kesehatan mental dan kecerdasan emosional karyawan.

Kampoong Hening diciptakan secara khusus. Desainnya seperti sebuah penginapan atau villa. Tempat ini sangat cocok untuk diterapkan metode ecohealing karena lingkungan alam sekitar Kampoong Hening ini masih sangat alami dan asri.

Metode ecohealing sudah banyak dilakukan oleh terapis-terapis berpengalaman. Metode terapi yang didasarkan pada alam hijau akan membantu seorang individu membangun kecerdasan emosionalnya.

Kampoong Hening memiliki beberapa terapis dan konselor berpengalaman. Mereka adalah orang ahli dalam membentuk kecerdasan emosional seorang. Dengan bantuan para ahli ini, karyawan Anda dijamin akan terbentuk menjadi orang yang sabar dan berkinerja tinggi.

Memunculkan kecerdasan emosional karyawan terhadap produktivitas memang tidak mudah. Bagaimanapun juga, kecerdasan ini tetap harus dimiliki oleh karyawan supaya kinerjanya semakin membaik.

 

Scroll to Top