Kampoong Hening : Jalan Menuju Kejernihan Hati

7 Tips Menghilangkan Gabut agar Lebih Produktif

Apakah Anda pernah mendengar atau membaca kata “gabut”? Ya, saat ini, kata tersebut memang sedang terkenal sebagai kata gaul untuk mengartikan rasa bosan seseorang.

Gabut biasanya terjadi karena tidak adanya aktivitas yang mampu dikerjakan oleh seseorang, atau rasa bosan karena menjalani aktivitas yang begitu-begitu saja.

Seseorang yang mengalami gabut biasanya selain karena tak memiliki aktivitas penting, atau sama sekali tak ada yang bisa dilakukan, juga karena tidak adanya teman atau kerabat yang menemani saat seseorang tersebut sedang mengalami kesendirian atau rasa sepi.

Jadi, rasa bosan yang dimaksud dari gabut itu tidak hanya karena seseorang tak memiliki aktivitas yang bisa dilakukan, tetapi juga bisa jadi bosan pada rutinitas yang menurutnya monoton, maupun tak ada teman di kala merasa sendiri atau kesepian.

Jika dibiarkan semakin menjadi-jadi, rasa bosan atau gabut ini bisa memicu stres pada seseorang. Maka, jika Anda mengalami perasaan yang menjurus pada rasa gabut tersebut, sebaiknya segera dihilangkan, sebelum berubah menjadi stres yang dapat membuat sakit fisik maupun psikologis Anda.

Lalu, bagaimana caranya menghilangkan gabut tersebut. Nah, inilah beberapa tips yang bisa Anda coba!

Carilah Komunitas untuk Bersosialisasi

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa sepi dan sendiri yang menyerang Anda adalah dengan menjadi anggota sebuah komunitas baru, sesuai dengan minat, bakat, hobi, atau keinginan Anda. Di mana Anda bisa merasa nyaman dan senang saat menjalani aktivitas bersama komunitas tersebut.

Selain Anda bisa bersosialisasi dengan banyak orang dalam komunitas, kegiatan yang Anda lakukan bersama para anggota juga akan membuat sensasi baru dan menyegarkan, sehingga menghindarkan Anda dari rasa bosan karena aktivitas yang monoton atau begitu-begitu saja.

Menjalankan Hobi atau Mengembangkan Bakat

Anda pastinya menyukai sesuatu yang biasa disebut dengan hobi, bukan? Atau mungkin Anda menyadari bahwa sebenarnya memiliki bakat tertentu, tetapi karena aktivitas rutin yang tak bisa Anda hindari, maka akhirnya bakat tersebut harus terpendam.

Nah, jika Anda memiliki waktu luang, meskipun hanya sedikit saja, gunakan untuk melakukan hobi atau mengasah bakat Anda sebagai penghilang rasa gabut, sekaligus memberikan sensasi baru dalam aktivitas harian Anda yang terasa monoton.

Anda bisa mengajak teman, saudara, atau kenalan yang memiliki hobi serupa. Sambil berbincang ringan tentang sesuatu yang di luar aktivitas sehari-hari Anda yang dianggap monoton itu.

Jika tak ada teman pun, Anda bisa mencoba melakukan sendiri, atau kalau Anda mau, bergabunglah dengan komunitas hobi yang sesuai dengan keinginan.

hobi seni tanah liat
Vicky Hladynets | Unsplash

Relaksasi, Seperti Tidur, Mendengarkan Musik, atau Hiburan Lain di Rumah

Meregangkan otot Anda dengan mengistirahatkan badan tanpa melakukan aktivitas berat bisa menghilangkan kejenuhan dan rasa bosan. Anda bisa bermalas-malasan selama sehari di rumah saat liburan.

Istirahatkan badan dengan tidur siang yang cukup, tidak terlalu lama dan juga tidak terlalu sebentar. Tidur siang di waktu sebelum atau sesudah menjalankan salat zuhur adalah waktu yang bisa membuat rileks badan, meski hanya satu jam saja.

Selain itu, Anda bisa mendengarkan musik yang menenangkan hati, atau murattal Alquran yang tentunya lebih mendamaikan jiwa. Bisa juga dengan membaca atau menonton film dengan tema yang Anda senangi dan nyaman saat menikmatinya.

Kegiatan itu bisa memberikan Anda kenyamanan dan menghilangkan rasa gabut. Selain itu, Anda juga bisa mengembalikan fisik yang sebelumnya selalu diajak bekerja keras, kembali rileks dengan relaksasi.

Mendekatkan Diri pada Allah

Bisa jadi, rasa gabut yang Anda rasakan juga adalah buah dari jauh atau merenggangkannya hubungan Anda dengan Allah. Justru dengan begini, Anda bisa menjadikannya sebagai introspeksi diri, apakah sudah banyak melakukan apa perintah Allah, atau justru melakukan hal yang Dia larang.

Kembali mendekat pada Allah, memperbaiki ibadah, dan memperbanyak amalan sunnah, bisa menghilangkan rasa tidak nyaman saat Anda bosan dengan aktivitas rutin monoton, atau tidak memiliki aktivitas yang cukup berarti.

Selain itu, menguatkan kembali hubungan dengan Allah, bisa membantu menyegarkan fisik, pikiran, dan psikologis Anda. Ketenangan jiwa akan kembali Anda dapatkan.

Maka, meski sedang sendirian tanpa teman sekalipun, Anda tetap akan merasa tenang dan nyaman, karena merasa bahwa Allah selalu ada bersama Anda, menemani dan mengawasi Anda.

Traveling atau Jalan-jalan

Melakukan perjalanan ke luar rumah, entah di tempat yang dekat atau jauh, bisa menyegarkan pikiran Anda, saat gabut melanda.

Rasa bosan, kesepian, atau gelisah karena tak memiliki teman atau aktivitas monoton yang membuat jenuh, bisa Anda atasi dengan melakukan perjalanan seorang diri atau bersama seseorang yang Anda percaya.

Melihat suasana baru, luar kota tempat Anda tinggal, dan bertemu orang lain yang asing, bisa memberikan pengalaman yang berbeda, saat suasana hati sedang tak enak karena rasa gabut.

Mengikuti Pengajian atau Perkumpulan Keilmuan yang Menarik bagi Anda

Mungkin terdengar menjemukan, datang ke sebuah perkumpulan atau majelis ilmu. Tak hanya pengajian atau majelis keilmuan agama, ada juga perkumpulan keilmuan pengetahuan yang sebenarnya bisa jadi dapat membuat Anda bebas dari rasa gabut, jika Anda mendatangi dan serius mengikutinya.

Menyibukkan pikiran yang awalnya dipenuhi rasa bosan atau kesepian karena aktivitas menjemukan atau tidak adanya teman di samping Anda, dengan hal-hal berbau keagamaan atau pengetahuan, akan membuat Anda sedikit tenang.

Bahkan, nilai lebihnya, Anda bisa mendapatkan lebih banyak ilmu pengetahuan, entah itu agama atau umum.

Lakukan Olahraga

Ada berbagai macam jenis olahraga yang bisa Anda lakukan. Jika Anda memiliki hobi berolahraga, maka lakukan yang sesuai dengan hobi Anda tersebut. Misalnya sepak bola atau futsal, badminton, tenis, bersepeda, dan sebagainya.

Namun, jika pada dasarnya Anda bukan tipe orang yang menyukai aktivitas fisik satu ini, maka Anda bisa melakukan olahraga ringan. Misalnya jalan kaki pagi hari, jogging ringan, atau sekadar senam di rumah.

Olahraga bisa menyegarkan fisik Anda, sekaligus dapat meningkatkan semangat baru. Otomatis, jika kondisi fisik mulai segar, maka kondisi psikologis Anda juga akan mendapatkan pengaruh positif juga.

Memelihara Binatang

Paul Hanaoka | Unsplash

Jika Anda adalah salah satu pecinta binatang, Anda bisa mulai memelihara hewan peliharaan yang dapat menghibur tatkala Anda berada di rumah sendiri, atau sedang mengalami suatu kebosanan karena aktivitas yang menjemukan.

Rasa gabut Anda akan hilang saat melihat tingkah lucu hewan peliharaan dan menyibukkan diri mengurusnya. Mulai dari membersihkan kandang, memberi makan serta minum, dan sebagainya.

Nah, itulah delapan tips yang mungkin bisa Anda pilih, mana yang sekiranya bisa dan cocok Anda coba untuk menghilangkan gabut atau rasa bosan, yang jika diteruskan akan memberikan pengaruh buruk pada kondisi psikologis Anda itu.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top