Validkah Hasil Tes Kesehatan Mental Online? Cek di Sini

Banyak website yang menyediakan tes kesehatan mental online secara gratis dan singkat. Namun, apakah lantas Anda bisa mengambil kesimpulan sendiri dari hasil tes tersebut? Apakah hasil dari tes tersebut cukup valid dan bisa dijadikan dasar diagnosa? Jawabannya adalah belum tentu.

Meskipun pertanyaan yang diberikan dalam tes tersebut merupakan pertanyaan mendasar, tetap dibutuhkan peran psikolog untuk menentukan ada tidaknya gangguan kesehatan mental pada seseorang. Tes kesehatan mental tidak bisa dijadikan tolak ukur tanpa penanganan tenaga ahli.

 

Hasil dan Kevalidan Tes Kesehatan Mental Online

Melakukan tes kesehatan mental online boleh saja dilakukan, namun jangan sembarang mendiagnosa diri sendiri atau orang lain dengan mudah. Anggap saja Anda mendapatkan angka yang menunjukkan bahwa diri Anda sedang mengalami depresi. Namun pada kenyataannya, benarkah Anda sedang mengalaminya?

Tentu saja untuk mengetahui hal ini dibutuhkan kualifikasi seorang dokter. Hasil tes kesehatan mental online akan dijadikan dasar untuk menggali lebih jauh apakah Anda sedang mengalami gangguan kesehatan mental atau tidak.

 

Anda membutuhkan wawancara lebih mendalam untuk mengetahui sejauh apa gangguan kesehatan mental yang sedang dialami. Apakah fasenya masih cukup ringan untuk disembuhkan dengan metode terapi? Atau sangat berat sehingga membutuhkan rehabilitasi?

Pada dasarnya, tes kesehatan mental adalah sebuah pengujian untuk memperlihatkan sisi emosional pada diri seseorang. Hal ini diperlukan untuk menganalisa dan membantu menguak apakah Anda sedang mengalami gangguan kesehatan mental atau tidak.

 

Banyak jenis gangguan kesehatan mental yang umum terjadi, diantaranya adalah :

  • Gangguan makan
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan Mood
  • Stress
  • Depresi
  • Gangguan Stress Pasca Trauma
  • Gangguan Penyalahgunaan Obat, Zat dan Gangguan Adiktif
  • Gangguan Bipolar
  • Skizofrenia
  • Gangguan Psikotik

 

Gangguan kesehatan mental yang parah akan berpotensi merusak kesehatan fisik dan bahkan bisa mengancam keselamatan jiwa pasiennya. Untuk tahap awal, tes kesehatan mental bisa jadi dibutuhkan sebagai pengantar atau pengenalan fase gangguan kesehatan kejiwaan.

Untungnya, gangguan kesehatan mental yang masih dalam tahap awal sangat bisa disembuhkan dengan metode terapi atau bicara. Para pasien gangguan kesehatan kejiwaan ini membutuhkan sebuah wadah atau tempat dimana mereka bisa curhat untuk meringankan beban pikirannya.

Hal ini cukup efektif mengingat munculnya bentuk gangguan kejiwaan adalah dari unek-unek yang tidak tersalurkan. Perasaan tertekan yang dipendam terus menerus atau tidak pernah diungkapkan akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan mental.

 

Cara Pemeriksaan Gangguan Kesehatan Mental yang Tepat

Di samping tes kesehatan mental online, dibutuhkan cara yang tepat untuk mendiagnosa adanya gangguan kesehatan kejiwaan. Yaitu, dengan mendatangi psikolog atau dokter kejiwaan. Di sinilah, Anda akan mendapatkan jawaban yang tepat akan adanya gangguan kejiwaan.

Gangguan kesehatan mental bukanlah hal yang main-main. Penderitanya mungkin akan tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami gangguan kejiwaan. Meskipun demikian, orang lain di sekitarnya akan segera menyadari perubahan sikap dan perilakunya.

Gejala awal gangguan kesehatan mental yang mungkin terlihat adalah seperti berikut ini, yaitu:

  • Sering berbuat onar
  • Mengalami halusinasi
  • Sulit berkonsentrasi
  • Takut dan Khawatir berlebihan
  • Sulit mengatasi stress
  • Sulit melupakan kenangan buruk
  • Mengisolasi diri

 

Jika hal-hal seperti ini terjadi pada diri Anda atau seseorang di lingkungan, segeralah memeriksakan diri. Anda bisa mengunjungi puskesmas, rumah sakit atau jasa pelayanan kesehatan mental. Salah satu tempat yang sangat direkomendasikan adalah Kampoong Hening.

Di sini, Anda bisa melakukan pemeriksaan sekaligus pengobatan untuk gangguan kesehatan mental fase awal. Didukung oleh terapis dan konselor berpengalaman, pasien penderita gangguan kejiwaan akan dibantu untuk lepas dari kondisi dan pikiran negatif.

Kampoong Hening juga menyediakan tes kesehatan mental online untuk pemeriksaan awal ada atau tidaknya gangguan kesehatan mental. Anda juga bisa berkonsultasi secara online dan mendapatkan solusi atau jalan keluar dari permasalahan yang Anda hadapi. Jernihkan diri dan pikiran Anda di tempat ini dan dapatkan kembali semangat untuk hidup yang lebih baik.

Leave A Comment

Tidak ada produk di keranjang.